December 3, 2017

3 Amalan Yang Sangat Rasulullah Anjurkan

Amalan yang dilakukan oleh seorang hamba Allah sebaiknya harus dilandasi  dengan Ilmu yang sudah dijelaskan dalam Al-quran dan Sunah Nabi sertra keikhlasan dan mengharap ridho Allah tentunya, karena tanpa dua hal itu  amal kita akan sia-sia dan tidak akan diterima oleh Allah Swt.  Seseorang yang beramal tanpa berilmu maka ia termasuk orang yang sesat dan sebaliknya orang yang berilmu tanpa diamalknan maka ilmunya akan diridhoi oleh Allah Swt. Jadi antara ilmu dan amal keduanya saling berkaitan.
Adapun 3 amalan penting yang dilakukan oleh Rasulullah adalah sebagai berikut :

1. Melaksanakn Shalat Dengan Tepat Waktu
Shalat adalah merupakan rukun Islam yang ke dua yaitu setelah syahadat, shalat sendiri kedudukanya sangat besar sekali disisi Allah Swt, dan merupakan tiang agama. Dan amalan yang pertama kali besok di hari kiamat yang ditanyakan adalah shalat, karena kalau shalatnya tidak sah atau bahkan tidak diterima ole Allah maka semua amalpun tidak akan diterima. Karena pentingnya kedudukan shalat dalam Islam, maka Rasulullah memerintahkan kepada kaumnya untuk mengajarkan shalat kepada anak cucunya sejak usia dini. Bahkan seumpama anak tersebut ketika sudah berumur 7 tahun tapi belum mengerjakan shalat maka orang tuanya bahkan boleh untuk memukulnya.
Shalat lima waktu merupakan kewajiban setiap muslim dan telah ditentukan waktunya oleh Allah Swt, sebagaimana firmanya.
Allah Swt berfirman :
“Dirikanlah shalat setelah matahari tergelincir sampai gelap malam (Dhuhur, Asar, Maghrib, dan Isya), Dan dirikanlah pula shalat Subuh karena shalat Subuh, karena shlat subuh sesungguhnya disaksikan oleh malaikat”. (QS. Al-Isra’ : 78)
Shalat lima waktu akan lebih sempurna manakala dikerjakan dengan shalat berjamaah dan tepat pada waktunya, bahkan pahala shalat jamaah sendiri 27 derajat dibandingkan shalat sendiri. Dia tidak menunda-nunda shalat bahkan ia merindukan datangnya waktu shalat dan mengerjakanya dengan penuh kesungguhan dan kekhusuan, karena orang-orang yang senantiasa menjaga shalatnya termaksuk orang-orang yang mukmin dan akan dimasukan ke dalam surge firdaus besok pada hari kiamat.

2. Berbakti Kepada Orang Tua
Birul walidaini merupakan salah satu perbuatan atau amalan yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad Saw yaitu setelah shalat lima waktu tepat pada waktunya.  Bahkan amalan untuk berbakti kepada orang tua telah Allah terangkan dalam firmanya, yang kurang lebih artinya :
“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun, dan berbuat baiklah kepada orang tua yaitu ibu dan bapak”. (Q.S AN-Nisa’ : 36)
Dan b arang siapa yang berbakti kepada kedua orang tua maka syurgalah balasanya dan barang siapa yang durhaka kepada orang tua maka balasanya neraka baginya,Rasulullah juga bersabda bahwasanya  keridhoan  Allah tergantung ridhonya kepada orang tua, dan murkanya Allah juga tergantung murkanya kepada orang tuanya. 

3. Jihad di Jalan Allah
Dan yang terakhir ini wasiat yang Rasulullah berikan kepada umatnya adalah berjihad di jalan Allah, karena merupakan puncak tertinggi yaitu menegakan agama Allah di muka bumi ini. Dan dengan jihad yang Rasulullah lakukan dengan para sahabat sehingga Islam menjadi mulia dan tersebar di berbagai penjuru dunia dan masih tetap ada sampai sekarang ini. Tetapi yang dimaksud berjihad di sini adalah jihad yang sudah diajarkan oleh Rasulullah Saw dan para sahabatnya. Karena jika kita lihat pada zaman sekarang ini banyak orang yang mengartikan jihad dengan perbuatan yang tidak diajarkan oleh Rasulullah Saw. Dan sebagai umat islam harus mempunyai jiwa untuk bisa berbuat jihad yaitu baik dengan diri harta, ilmu dan lain sebagainya, karena berjihad adalah amalan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah Saw. 

Itulah amalan atau wasiat yang telah Rasulullah berikan kepada umatnya, dan semoga kita menjadi umat yang selalu istiqamah dalam menjalankan sunah beliau dan kelak akan berkumpul dengan beliau serta  mendapatkan syafaat di yaumil qiyamah nanti…Amien

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon