muslimah harus tahu!! inilah hukum KB dalam Pandangan Islam

muslimah harus tahu!! inilah hukum KB dalam Pandangan Islam

Ada dua hal yang perlu diketahui sebelum melakukan KB, yaitu apa alasan syar’I wanita mengikuti program ini, dan motivasi yang benar adalah supaya untuk mengatur kelahiran tetapi bukan untuk membatasi dalam hal mempunyai keturunan (anak).

Dan dalam Islam tidak dibenarkan menolak kehamilan hanya karena maslah ekonomi saja, atau dikhawatirkan ketika mempunyai keturunan akan jatuh miskin dan lainya, sebab urusan rezeki ada di tangan Allah manusia tugasnya hanyalah ikhtiyar saja. Karena ketika Allah Swt memberi rezeki berupa anak kepada kita berate Allah juga akan memberi rezeki kepada anak tersebut.

Kesalahan :

Banyak sekali para wanita yang ikut program KB, tanpa melihat dulu alat KB apa yang dihunakan, sebab apabila wanita yang ikut KB dapat memutus anak, maka hukumnya adalah haram.
Hukum yang benar :
Menggunakan alat KB baik dengan sejenis obat ataupun yang lainya, ketika dapat memutus keturunan maka hukumnya haram. Jika tidak demikian, artinya hanya menunda bebrapa waktu saja, maka tidak sampai haram, bahkan apabila ada tujuan agar dapat mendidik anak lebih maksimal, maka hukumnya juga tidak makruh. Intinya semua itu tergantung niat masing-masing wanita tersebut.

Keterangan :  “Syaikh syarqowi dalam kitab hasyiyatu syarqowi juz 6 hal 332”
Menggunakan obat-obat yang bisa memutus keturunan, maka hukumnya haram. Bedahalnya jika tidak sampai memutus, hanya menunda dalam bebrapa waktu saja, maka hukumnya tidak haram. Nahkan jika penundaanya ada alasan tertentu atau yang benar, seperti mendidik anak supaya maksimal, maka hukumnyapun tidak makruh sama sekali.

Wallahu Alam Bissowab

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments