Skip to main content

Salah kaprah tentang pemahaman tabbaruk atau barokah

Tabaruk secara bahasa artinya mengharap berkah. Sedangkan secara istilah dapat diartikan media perantara  sebagai menjadikan seseorang, tempat atau sesuatu yang di harapkan keberkahanya menuju Allah SWT. Jadi intinya orang atau tempat yang dimintai tabbaruk atau barokah  hanya sekedar  wasilah atau perantara saja, sedangkan hakikatnya meminta kepada Allah SWT, karena kalau kita tabarukan kepada seseorang yang dianggap lebih alim doa kita akan lebih cepat terkabul, karena mereka sangat dekat dengan Allah.
Kesalahan :
Sebagian golongan memahami tabbaruk adalah salah satu praktik ibadah yang dilarang oleh agama, bahkan hukum bagi pelakunya adalah kafir. Disisi lain juga ada orang yang berlebihan dalam tabbaruk, sehingga menyakini orang yang diharapkan barokahnya mempunyai kelebihan yang dapat memenuhi apa yang diharapkan, ini juga salah dan hukumnya juga dapat mengakibatkan kekafiran.
Hukum yang benar :
Seseorang yang ngalap berkah kepada para Ulama harus mempunyai keyakinan demikian : para ulama mempunyai amal kebajikan dan lebih dekat dengan Allah Swt, sehingga ngalap berkah dengan mereka semua adalah salah satu wasilah yang tepat. Disamping itu kita juga wajib menyakini ketidak mampuanya untuk mendatangkan kebaikan atau menolak kejelekan, kecuali dengan izin Allah Swt.
Keterangan : Adapaun (bertabaruk) kepada orang, (alasanya ialah) karena kita menyakini kebajikan dan kedekantanya dengan Allah SWT, disamping kita juga menyakini ketidak mampuanya untuk mendatangkan kebaikan dan menolak kejelekan, kecuali dengan seizin Allah. Sedangkan tempat, maka sejatinya tempay itu jika ditinjau dari segi ia sebagai tempat, tidak punya kelebihan apa-apa. Akan tetapi karena kebaikan dan kesalehan yang terjadi dii tempat itu, seperti shalat, puasa dan berbagai macam ibadahyang dikerjakan orang-orang shaleh, maka turunlah disitu rahmat, malaikat mendatanginya dan ketenangan meliputinya. Itulah barokah yang di cari dari Allah di tempat-tempat yang di maksud untuk keperluan tabbaruk.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar