7 macam darah istihadoh yang wajib diketahui wanita

7 macam darah istihadoh yang wajib diketahui wanita

Sebelum membahas mengenai macam-macam darah istihadaoh alangkah baiknya sedikit mengulas tentang pengertian istihadoh itu sendiri. Istihadoh secara bahasa berarti mengalir, sedangkan menurut istilah istihadoh adalah darah yang keluar dari Rahim perempuan selama masih dalam waktunya haid dan nifas. Sedangkan perempuan yang mengeluarkan darah istihadoh disebut mustahadoh.
Darah kuat (dihukumi haid)
Darah lemah (dihukumi istihadoh)
Adapun macam-macam darah  istihadoh yaitu ada 7 macam :


1. Mubtadiah mumayizah
Yang disebut mubtadiah mumayizah yaitu seorang perempuan yang pertama kali haid dan bisa membedakan apa itu warna-warna darah yang keluar.

2. Mubtadiah ghoiru mumayizah
Yaitu seorang perempuan  yang pertama kali haid dan tidak bisa membedakan macam-macam warna darah.

3. Mu’tadah mumayizah
Yaitu seorang perempuan yang sudah pernah haid dan suci, dan perempuan tersebut  bisa membedakan warna-warna darah.

4. Mu’tadah ghoiru mumayizah dzakiroh liadatiha qodron wawaktan
Yaitu seorang perempuan yang sudah pernah haid dan suci akan tetapi tidak bisa membedakan warna-warna darah namun ingat lama serta awal keluarnya darah haid.

5. Mu’tadah ghoiru mumayizah nasiyan liadatiha qodron wawaktan
Yaitu seorang perempuan yang sudah pernah haid dan suci akan tetapi tidak bisa membedakan warna-warna darah dan dia tidak ingat lama serta awal keluarnya darah haid (lupa semua antara lamanya haid dan keluarnya kapan)

6. Mu’tadah ghoiru mumayizah dzakirot lil qodri dunal wakti
Yaitu seorang perempuan yang sudah pernah haid dan suci akan tetapi hanya ingat lamanya haid dan tidak ingat kapan mulainya darah haid tersebut.

7. Mu’tadah ghoiru mumayizah dzakiroh lil wakti dunal qodri
Yaitu seorang perempuan yang sudah pernah haid dan suci akan tetapi hanya ingat mulainya haid dan tidak ingat lamanya darah haid yang keluar.

Semua macam istihadoh yang ada 7macam tersebut mempunyai hukum sendiri-sendiri yang sangat perlu kita pelajari bahkan wajib bagi seorang perempuan untuk mempelajarinya, agar bisa membedakan antara darah haid dan istihadoh. Mengenai hukum-hukum istihadoh antara 1-7 insya allah akan di bahas pada artikel yang selanjutnya. Semoga bermanfaat. Amienn…

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments