Apa sih Arti Islam sebenarnya itu??

Apa sih Arti Islam sebenarnya itu??

Terkadang diantara kita atau yang masih awam tentang agama Islam masih bingung apa sih sebenarnya arti Islam yang sebenarnya itu?? Dan masih banyak orang yang hanya berkata bahwa dirinya adalah Islam akan tetapi tidak mematuhi peraturan-peraturan yang sudah dijelaskan dalam Islam. Dan dengan ketidaktahuannya tersebut banyak orang yang mudah di adu domba oleh pihak-pihak yang ingin merusak agama Islam atau kaum liberal, dan diantara omongan-omongan kaum liberal tersebut bahwasanya semua agama Islam itu benar, artinya setiap orang yang berpasrah kepada tuhanya berate ia termasuk muslim.

Bahkan ada yang menjelaskan bahwa Islam sendiri adalah agama yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dan sebagai Nabi dan Rasul terakhir untuk menjadi pedoman manusia hingga akhir zaman. Lalu pertanyaanya bagaimana dengan agama yang dibawa oleh nabi-nabi terdahulu seperti nabi Ibrahim, Isa, Musa, Nuh dan lain-lain? Ini semua adalah suatu pemahaman yang salah, karena pada dasarnya seorang Nabi atau Rasul yang di utus oleh Allah tak terkecuali dengan membawa agama Islam.


Dari pada itu untuk meluruskan pemahaman dan pengertian tentang Islam, ada dua hal yang harus diketahui dengan mengembalikanya pada Al-quran dan Hadis. Pertama yaitu pengertian tentang Islam dan yang ke dua bahwa semua Nabi dan Rasul diutus oleh Allah SWT hanya dengan membawa agama Islam.

1.    Pengertia Islam

Selama ini yang berkembang di masyarakat bahwasanya Islam adalah agama yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dan sebagai Nabi dan Rasul terakhir untuk menjadi pedoman manusia hingga akhir zaman. Namun pengertian ini kurang menyeluruh karena tidak membawa agama-agama yang dibawa oleh nabi yang lain yang juga merupakan agama Islam.
Adapaun pengertian Islam yang sederhana dan cukup enak adalah “mengikutu rasul” Islam itu ya mengikuti Rasul. Sebagaimana yang telah diungkapkan oleh Ibnu Katsir dalam tafsirnya yang artinya:

"Islam adalah mengikuti Rasul dalam apa-apa telah Allah utuskan kepada mereka denganya pada setiap manusia (dimana rasul diutus) dan pada sampai akhirnya Allah mengutus Nabi Muhammad SAW sebagai nabi yang terakhir (dimana syariat yang dibawanya adalah syaruat penutup dan menghapus syariar-syariat yang terdahulu atau telah lalu)."

Hal tersebut juga dijelaskan dalam surat Al-Imran ayat 32 :

قُلْ أَطِيعُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ ۖ فَإِن تَوَلَّوْا فَإِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْكَافِرِينَ

“Ta’atilah Allah dan Rasul-Nya; maka jika mereka berpaling, maka sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang kafir”
dengan kata lain bahwa barang siapa yang mengikuti rasul berati dia muslim, dan barang siapa yang tidak mengikuti rasul berati ia kafir.

2. setiap Rasul hanya diutus dengan membawa agama Islam


Akibat dari pengertia yang saalah dan yang sudah disebutkan diatas timbulah pemahaman yang salah bahwa agama kristen dan yahudi pada mulanya adalah agama yang benar, dengan asumsi/pendapat bahwasanya nabi Isa itu diutus dengan membawa agama kristen dan Nabi Musa membawa agama yahudi, dengan adanya pemahaman seperti itu jelas sangat berbahaya, karena dengan demikian kita telah menisbatkan kebohongan Nabi Isa dan Nabi Musa. dana Allah telah menegaskan bahwa agama yang diridhoi adalah agama Islam. jadi tidak mungkin Allah mengutus kepada Nabi dan Rasulnya dengan membawa selain agama Islam.

Dan hendaklah ini menjadi perhatian bagi umat Islam hendaknya kita selalu berpegang kepada agama Islam yaitu Al-quran dan sunah rasul agar kelak meninggal dalam keadaan Islam.

Demikianlah apa sih arti Islam sebenarnya itu, dan semoga bisa menambah wawasan bagi umat Islam agar tidak mudah diprovokasi lagi oleh kaum-kaum liberal yang tidak bertanggung jawab. semoga bermanfaat wallahu alam
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments