9 Tanda Hari Kiamat Menurut Al Quran dan Hikmahnya

9 Tanda Hari Kiamat Menurut Al Quran dan Hikmahnya

Hari kiamat sendiri merupakan salah satu rukun iman yang ke enam. Dan kita sebagi umat muslim wajib mempercayainya akan kedatangan hari kiamat. Kepastian mengenai datangnya hari kiamat hanya Allah yang mengetahui. Bahkan kekasih Allah pun tidak ada yang tahu. Nabi muhammad sendiri hanya memberikan tanda-tanda datangnya hari kiamat, hingga gambaran pembalasan amal baik dan buruk. Hari kiamat sendiri akan diawali oleh ditiupnya Sangkakala oleh malaikat Israfil.

Datangnay hari kiamat hanya diketahui oleh Allah swt. Sedangkan kita hanya diberi tahu tanda-tanda akan datangnya hari kiamat. Tanda-tanda hari kiamat sendiri terbagi menjadi dua macam, yaitu tanda hari kiamat kecil atau sughra dan tanda hari kiamat besar atau kubra. Tanda hari kiamat sendiri adalah tanda-tanda yang menunjukan bahwa hari kiamat sudah mulai dekat. Tanda hari kiamat adalah tanda-tanda yang menunjukan segera terjadi, namun untuk hari dan kapan terjadinya tidak ada yang tahu.
Berikut ini beberapa tanda-tanda hari kiamat kecil maupun besar

Tanda kecil hari kiamat

1. Hamba sahaya dinikahi.
2. Ilmu Agama sudah tidak dianggap penting lagi.
3. Tersebarnya perzinaan dengan bebas, karena diizinkan oleh penguasa/negara.
4. Jumlah perempuan lebih banyak dibandingkan pria.
5. Minuman keras merajalela.
6. Adanya dua golongan yang saling membunuh, sementara keduanya sama-sama mengaku membela agama islam.
7. Fitnah muncul dimana-mana
8. Banyak terjadi gempa bumi atau bencana alam.
9. Banyak orang yang ingin mati dengan cara bunuh diri.

Tanda hari kiamat besar

1. Munculnya binatang ajaib yang bisa berbicara.
2. Matahari terbit dari arah barat.
3. Turunya Nabi Isa a.s.
4. Rusaknya ka'bah.
5. Keluarnya Ya'juj Ma'juj.
6. Hilangnay Al quran dari segi tulisan maupun bacaan.
7. Datangnya Dajjal yang mengaku sebagi utusan Allah swt.
8. Gerhana di Timur, Barat dan di daerah jazirah arab.
9. Kufurnya semua umat manusia.

Kiamat adalah kehendak Allah swt. Meski tidak ada manusia yang mengetahui akan datangnya hari kiamat, namun kita sebagi umat islam wajib mempercayai dan mngimani akan kedatanganya kelak. Barang siapa yang menolak akan datangnya hari kiamat mereka termasuk golongan orang yang kafir.

Hikmah Hari Kiamat

Umat islam harus menyakini akan datangnya hari kiamat. Orang yang beriman akan hari kiamat akan mendapat hikmah dalam kehidupanya. Hikmah beriman kepada hari kiamat adalah sebagai berikut :

1. Terdorong untuk berbuat kebaikan

Orang yang menyakini akan datangnya hari kiamat akan selalu menghindari perbuatan dosa dan akan selalu berbuat kebaikan. Mereka pun akan menyakini bahwa segala amal perbuatan yang dialakukan di dunia akan dipertanggung jawabkan kelak pada hari akhir.

2. Memperbanyak ibadah kepada Allah swt

Adapun amala yang pertama kali akan dipertanyakan di alam kubur besok adalah amlan shalat. Dan sebagi umat Islam kita harus menjaga shalat dan tidak boleh untuk meninggalkanya. Karena shalat sendiri merupakan tiang agama. Shalat menjadi patokan amal seseorang, jika shalatnya baik maka ibadah yang lain juga baik sebaliknya jika shalatnya tidak baik maka amal lain pun tidak baik. Akan tetapi disamping itu kita juga harus menjaga amlan wajib yang lain seperti puasa, zakat, dan amalan-amalan yang lainya.

3. Memohon ampun kepada Allah swt

Salah satu cara kita untuk memohon ampun kepada Allah adalah dengan cara memperbanyak membaca istighfar. Dengan membaca istighfar berati kita memohon ampun kepada Allah swt atas dosa-dosa yang kita telah perbuaat baik itu dosa kecil maupun besar, dosa disengaja atau tidak. Disamping itu kita juga harus menjaga perbuatan kita. Tujuanya agar perbuatan buruk yang telah kita lakukan tidak terulang lagi.

Itulah beberapa tanda-tanda hari kiamat dan hikmah menyakini akan datangnya hari kiamat. Semoga setelah mengetahui tanda-tanda hari kiamat bisa memperbenayak ibadah kita kepada Allah swt.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments