Niat mandi wajib Haid Bagi Wanita Beserta Tata Caranya

Niat mandi wajib Haid Bagi Wanita Beserta Tata Caranya

Perlu diketahui bagi kaum laki-laki dan perempuan bahwasanya salah satu najis yang bisa menghalangi sah atau tidaknya suatu ibadah seseorang adalah darah, maka sebelum melakukan ibadah badan kita harus suci baik itu dari segi badan dan suci dari pakaian. Secara umum darah haid atau menstruasi yang dialami oleh kaum wanita pada umumnya yaitu 3 sampai dengan 7 hari jika selebihnya maka disebut darah rusak atau istihadoh.

Jika masa haid telah berakhir maka bagi seorang wanita wajib hukumnya untuk mensucikan diri yaitu dengan cara melakukan mandi wajib. Adapun caranya yaitu membersihkan seluruh anggota badan, mulai dari ujung kepala sampai dengan ujung kaki secara merata.
Niat mandi wajib

Segala sesuatu diawali dengan niat, demikian juga dalam hal mandi wajib. Dalam hal niat sendiri yang terpenting adalah niat di dalam hati, adapun melafalkanya hukumnya sunnah. Dalam pelafalan niat sendiri boleh menggunakan sesuai dengan bahasa yang kita pahami, akan tetapi akan lebih baiknya yaitu dengan menggunakan bahasa arab agar sesuai dengan ajaran dan anjuran Rasulullah saw.

Lafal atau niat mandi wajib 
نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

"NAWAITUL GHUSLA LIRAFIL HADASIL HAIDI LILLAHITA'ALA"

Artinya : "Saya berniat mandi untuk menghilangkan hadas haid karena Allah ta'ala"

Niat mandi wajib tidak hanya diketahui oleh kaum wanita saja, kaum laki-laki pun wajib mengetahui niat mandi wajib. Agar supaya ketika sudah berumah tangga misalkan seorang istri belum tahu tentang niat mandi wajib maka suami wajib mengajari kepada istrinya.

Tata cara mandi wajib

1. Niat mandi wajib

Adapaun untuk niat sudah dijelaskan diatas tadi.

2. Berwudhu

Berwudhu dalam hal mandi wajib merupakan suatu kesunahan, waluapun sunnah akan tetapi alangkah baiknya jika dilakukan, hal iji sesuai dengan Hadist Rasulullah yang intinya barang siapa yang membaguskan wudhunya maka dosanya akan runtuh.

3. Membersihkan kemaluan

Hal yang pertama yang harus kita lakukan dalam mandi wajib adalah membersihkan kemaluan dari berbagai kotoran yang menempel.

4. Menyirami air ke seluruh tubuh

Langkah selanjutnya setelah kita berwudhu dan membersihkan kemaluan adalah menyirami air keseluruh anggota tubuh. Dan disunahkan untuk mengawali dengan anggota sebelah kanan hal ini sesuai dengan anjuran Rasulullah, karena Rasulullah sendiri menyukai setiap akan melakukan sesuatu dengan mendahulukan anggota yang kanan terlebih dahulu.

Itulah penjelasan mengenai mandi wajib haid bagi wanita dan tata caranya yang perlu kita ketahui, dan semoga bisa menambah wawasan bagi yang belum mengetahuinya dan halayak umum.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments