Bacaan Shalawat Asghil dan Sejarahnya

Bacaan Shalawat Asghil dan Sejarahnya

Shalawat Asgil pada zaman dahulu banyak dikumandangkan saat pujian di masjid atau mushalat setelah melaksanakan adzan, disamping itu langgam dan pengucapan sangat enak di dengar di telinga. Dan pada akhir-akhir ini shalawat Asgil semakin populer dan banyak banyak dikumandangkan lagi di masjid-masjid atau mushala khususnya di kampung-kampung setelah melaksanakn adzan. Pada umumnya shalwatan adalah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat yang berhaluan Ahlusunnah wal jama'ah atau biasa disebut Nu.
Shalawat ini merupakan momentum di saat kaum muslimin dalam keadaan genting. Adapun untuk bacaan dan arti shalawat Asgil sendiri adalah sebagai berikut.

 ﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠﻰَ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ، ﻭَﺃَﺷْﻐِﻞِ ﺍﻟﻈَّﺎﻟِﻤِﻴﻦَ ﺑِﺎﻟﻈَّﺎﻟِﻤِﻴﻦَ  2

 ﻭَﺃَﺧْﺮِﺟْﻨَﺎ ﻣِﻦْ ﺑَﻴْﻨِﻬِﻢْ ﺳَﺎﻟِﻤِﻴﻦَ ﻭَﻋﻠَﻰ ﺍﻟِﻪِ ﻭَﺻَﺤْﺒِﻪِ ﺃَﺟْﻤَﻌِﻴﻦ
Artinya :
"Ya Allah limpahkanlah shalawat kepada junjungan Nabi Muhammad saw, dan sibukkanlah orang-orang dzalim (agar mendapat kejahatan) dari orang dzalim lainnya, keluarkanlah kami dari kejahatan mereka dan keslamatan. Dan berikanlah shalawat kepada seluruh keluarga Nabi dan para sahabat beliau."

(Sumber http://bintimaimunah.blogspot.com/2017/12/sholawat-asyghil.html

Kata Asghil sendiri artinya yaitu sibuk. Disamping memohon rohmat kepada Allah untuk kesejeahteraan Rasulullah saw, shalawat ini juga bertujuan untuk memohon agar diberikan keslamatan dari kezaliman oleh para penguasa. 

Sejarah shalawat Asgil

Konon cerita shalawat Asgil ini pertama kali dipanjatkan oleh Imam Ja'far As-sidiq (wafat 138 H). Beliau adalah salah seorang tonggak keilmuan dan spiritualitas Islam di awal masa keemasan umat Islam.  Imam Ja'far As-sidiq hidup diakhir masa Dinasti Umawiyah dan pada awal era Dinasti Abasiyyah yang penuh dengan konflik politik. 

Adapun shalawat ini pertama kali populer di Indonesia melalui pemancar Radio milik "Yayasan Pesantren As-Syafi'iyah" yang diasuh oleh ulama besar Betawi yaitu KH Abdullah Syafi'i. Shalwat ini dibacakan dengan nada yang sangat menyentuh hati, dan terasa sejuk ketika dibaca.

Marilah kita bantu kaum muslimin yang terdzalimi dan kita amalkan shalawat Agil ini setiap hari, apalagi pada hari jumat maka perbanyaklah membaca shalawat ini. Dan semoga kita terhindar dari fitnah akhir zaman. Amin




Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments