Waktu Berdoa Agar Cepat Terkabul Permintaan/Hajatnya

Waktu Berdoa Agar Cepat Terkabul Permintaan/Hajatnya

Doa adalah salah satu bentuk ikhtiyar kita kepada Allah swt. Disamping ikhitiyar dengan perbuatan sebagai manusia kita juga dianjurkan untuk selalu berdoa sebagi bentuk kerendahan diri di hadapan yang maha pencipta. Sehingga banyak orang yang mengatakan bahwa berdoa tanpa usaha adalah bohong dan usaha tanpa doa adalah sombong. Sedangkan perbuatan sombong sendiri dalam Islam sangat dilarang. Maka dari pada itulah Islam sangat menganjurkan untuk selalu berdoa.
Allah SWT sendiri sangat menganjurkan kepada majhlukanya untuk senantiasa berdoa. Allah sendiri sagat memahami setiap keadaan makhluknya yang lemah dan senantiasa membutuhkan Rahmat-nya. Manusia sendiri tidak lepas dari yang namaya keinginan, baik itu yang baik ataupun yang buruk. Sebagaimana firman Allah dalam Qs Ghafir ayat 60 yang berbunyi :

ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ
Atinya :
"Berdoalah kepadaku, Aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepadaku, akan dimasukan kedalam neraka jahanam dalam keadaan yang hina" (QS Ghafir:60)

Ayat diatas menjelaskan bahwasanya Allah sangat menganjurkan untuk berdoa, dan barang siapa yang tidak mau berdoa kepadan-nya maka dia termasuk orang yang sombong dan besok kelak akan dimasukan kedalam neraka jahanam.

Adapaun waktu-waktu untuk berdoa agar cepat terkabul akan permintaan dan hajatnya  angtara lain adalah sebagai berikut :

1. Saat sepertiga malam terakhir

Waktu yang pertama adalah sepertiga malam terakhir. Karena pada waktu ini sebagian besar orang sedang tertidur pulas dan anda dapat memanfaatkanya waktu dipertiga malam ini untuk beribadah dan berdoa kepada Allah SWT karena merupakan salah satu waktu yang penuh berkah.

2. Setelah selesai shalat fardhu

Setelah kita selesai melaksanakan shalat fardu, hendaklah dilanjutkan dengan berdzikir dan berdoa kepada Allah, karena pada waktu tersebut adalah salah satu waktu yang paling mustajab untuk berdoa. 
Sebagaimana dalam sebuah riwayat :

"Dari Abu umamah ra, sesungguhnya rasulullah pernah ditanya mengenai waktu yang paling didengar oleh Allah swt, kemudian beliau menjawab dipertengahan malam akhir dan setiap selesai shalat fardhu." (HR Tirmidzi)

3. Ketika malam lailatul qadar

Malam lailatul qadar adalah malam yang sangat mulia, karena pada malam itu diturunkanya Al-quran dan malam ini lebih utama dari malam 1000 bulan. Sebagai mana firman Allah ta'ala :

َيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Artinya : "Malam lailatul qadar lebih baik dari malam 1000 bulan" (QS Al-qadar) 

Pada malam lailatul qadar ini sangat dianjurkan untuk selalu memperbanyak ibadah dan berdoa kepada Allah swt.

4. Ketika Adzan berkumandang

Jarang orang yang mengetahui bahwasanya ketika adzan berkumandang selain disunahkan untuk menjawab adzan dengan lafal yang sama, saat adzan pun adalah salah satu waktu mustajab untuk berdoa. 
Sebagaimana sabda rasulullah :

"Diantara adzan dan iqamah tidak tertolak, atau minimal kecil tertolaknya. Yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang" (HR Abu Daud, 2540, Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Nata ijul Afkar, 1/369, berkata: Hasan Shahih)

5. Ketika dalam keadaan sujud dalam shalat

Rasulullah saw bersabda :

"Seorang hamba paling dekat dengan Rab-nya ialah ketika ia sedang bersujud. maka perbanyaklah berdoa ketika itu" (HR Muslim no.482)

6. Pada hari jumat

Hari jumat sendiri dalam Islam merupakan hari yang sangat mulia dibandingkan hari-hari yang lain, dan pada hari ini sangat dianjurkan untuk memperbanyak amlan-amalan seperti bersedekah, membaca surat Al kahfi dan amalan-amalan lain. Maka dari pada itu perbanyaklah berdoa kepada Allah swt pada hari jumat. Disamping itu pada hari jumat terdapat banyak keberkahanya bagi orang yang rajin beribadah.

7. Ketika turun hujan

Hujan merupakan rahmat Allah yang sangat besar, dan kita wajib mensyukurinya. Terkadang banyak orang yang banyak mencela akan turunya hujan, padahal yang menurunkan hujan tidak lain adalah Allah swt sendiri. Oleh karena itu dari pada kita mencela akan turunya hujan lebih baik dimanfaatkan untuk berdoa dan memohon ampunan kepada Allah.

Itulah beberapa watu mustajab untuk berdoa kepada Allah swt, sebenarnya masih banyak waktu-waktu mustajab yang lain, dan akan dijelaskan pada artikel selenjutnya. Semoga bermanfaat

 

5.
لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Baca selengkapnya https://muslim.or.id/3853-waktu-waktu-terkabulnya-doa.html
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments