Hukum Mendengarkan Musik, Halal Atau Haram?

Hukum Mendengarkan Musik, Halal Atau Haram?

Dalam Islam sendiri terdapat berbagai aturan yang digunakan sebagai petunjuk bagi semua umatnya dalam menjalani hidup di dunia. Berbagai persoalan kehidupan yang di alami oleh manusia pasti ada hukumnya, sebagai patokan dasar hukum islam sendiri terdiri dari 4 dasar yaitu Al-quran, Hadist, ijma' dan qiyas. Seperti salah satunya hukum mendengarkan musik apakah halal atau bahkan haram?
Foto by www.sangpencerah.id

Musik sendiri adalah sebuah karya yang di ciptakan oleh manusia sebagai tempat untuk menciptakan sebuah karya, dan tentu musik sendiri pasti ada hukumnya. Namun setiap hukum pasti ada yang berbeda-beda baik itu yang menghalalkan, mengharamkan, sunnah, makruk maupun mubah. Tergantung kita melihat dari segi yang mana bisa menghukumi suatu perkara tersebut.

Islam sendiri sangat menghargai seni, dalam segala bentuknya. Dan jangan pernah beranggapan berdakwah itu harus pakai ayat Al quran atau hadist Nabi. Berdakwah itu bisa menggunakan musik, berdakwah itu bisa menggunakan gambar, dan dakwah itu juga bisa dengan melukis.

Alangkah banyaknya gambar-gambar malah bisa membuat hati kita tergugah, dan alangkah lukisan-lukisan malah bisa menggugah hati kita. Orang-orang yang tasawuf setiap kali mendengarkan musik maka mereka akan menangis, karena agama sendiri sifatnya fitrah.

Agama melarang musik kalau musik tersebut bisa menyita waktu, sehingga apa sekiranya perbuatan yang penting menjadi terabaikan karena musik tersebut. Musik dikatakan haram apabila musik tersebut bisa melalaikan orang tersebut, sehingga orang tersebut lalai dengan kewajiban mereka masing-masing.

Kalau dulu ada suatu larangan dalam hal bermusik, karena musik itu digunakan untu suatu yang buruk yang tidak ada manfaatnya. intinya musik bisa dikatakan haram jika musik tersebut bersifat melalaikan, akan tetapi jika dengan musik bisa membuat atau menciptakan suatu kebaikan dalam hal agama maka hukumnya boleh-boleh saja.

Adapun menurut Imam Al Ghazali sendiri aktivitas mendengarkan musik hukumnya halal, sebagaimana dalam ringkasan Imam Al Ghazali sebagai beriukut :

Artinya : "Ketahuilah, pendapat yang mengatakan, Aktivitas mendengar musik (nyanyian, bunyi atau musik) itu haram ,esti dipahami bahwa Allah akan menyiksa seseorang atas aktivitas tersebut. Hukum seperti ini tidak dapat diketahui hanya berdasarkan aqli semata, tetapi harus bedasarkan naqli. Jalan mengetahui hukum-hukum syara' (agama), terbatas pada nash dan qiyas terhadap nash. Dan yang saya maksud dengan nash adalah apa yang dijelaskan oleh Rasulullah SAW melalui ucapan dan perbuatanya. Sementara yang dimaksud dengan qiyas adalah pengertian secara analogis yang dapat di pahami dari ucapan dan perbuatan Rasulullah itu sendiri. Jika tidak ada satu pun nash dan argumentasi qiyas terhadap nash pada masalah mendengarkan musik ini, maka batal pendapat yang mengharamkan. Artinya mendengarkan musik itu tetap sebagai aktivitas yang tidak berniali dosa, sama halnya dengan aktivitas mubah yang lainya.

Demikianlah Mengenai penjelasan hukum mendengarkan musik, dan semoga dapat dipahami dengan baik. Dan sikapilah setiap perbedaan yang terjadi dengan sebijak mungkin.

 
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments