7 Manfaat Sedekah Bagi Diri Kita

7 Manfaat Sedekah Bagi Diri Kita

Terkadang orang tidak sadar bahwa sebenarnya sedekah yang kita keluarkan banyak sekali manfaatnya buat diri kita, orang hanya berpikiran nahwa sedekah hanya bermanfaat untuk orang lain saja tapi pada hakikatnya sedekah banyak sekali manfaatnya untuk diri kita. Untuk sadaqah kebanyakan orang menunggu punya uang banyak tetapi setelah punya uang mereka lupa akan sedekah. Sebaiknya sadaqah itu dilakukan gak harus kita pumya uang banyak, banyak ko selain uang yang bias kita sedekahkan, missal sedekah tenaga, sedekah fikiran, sedekah membantu sesame tetanga dan lain-lain. Bahkan kita salah besar kalau menanggapi sedekah hanyalah uang sisa penghasilan kita yang kita sumbangkan untuk orang lain, karena sebenarnya menafkahi anak dan isteri kita adalah merupakan sedekah yang bahkan wajib hukumnya untuk para suami.

Lalu apa sajakah manfaat sadaqah bagi diri kita?
1. Menlolak balak/bencana
Imam Ibnu Al QAyim mengatakan : “sesungguhnya sedekah memberikan pengaruh yang sangat besar untuk menolak berbagai macam bencana sekalipun pelakunya seorang yang pendosa, karena Allah  SWT akan menghilangkan berbagai macam bencana salah satunya dengan sedekah. Jadi sangat disarankan missal kita mau bepergian jauh jangan sungkan-sungkan untuk bersedekah.
2. Menambahkan Rezeki
Rasulullah SAW bersabda : “Turunkanlah Rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah”. (H.R. Muslim)
Jadi barang siapa yang gemar sedekah pasti rizkinya akan ditambahkan oleh Allah SWT lewat berbagai macam cara yang telah Allah tentukan kepada manusia. Orang yang suka besedekah rizkinya tidak akan berkurang bahkan akan di lipat gandakan oleh Allah Swt
3. Mendekatkan Pada Terkabulnya Hajat
“Barang siapa yang berniat sedekah, Allah SWT akan membalas kecepatan gerakan sedekahnya”. Hadis Qudsi
Salah satu jalan agar hajat yang kita inginkan cepat terkabul adalah dengan cara kita bersedekah.
4. Memberikan Rasa Bahagia Kepada orang yang sedekah maupun yang di beri sedekah
Siapa orang yang lebih bahagia? Yaitu adalah orang yang diberi sadekah atau orang  yang memberikan sedekah. Dengan kita memberikan bantuan kepada sesame akan meningkatkan Hormon Endorfin, dengan cara itu akan memberikan dampak positif bagi kesehatan jiwa kita. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa sesekah 90% memberikan dapak positif bagi kesehatan jiwanya.
5. Meringankan sakaratul maut dan memperpanjang usia
Rasulullah SAW bersabda : “Sedekaahnya seorang muslim meningkatkan (hartanya)  di masa kehidupanya, Dan juga meringankan kepedihan saat sakaratul maut, Dan melalui sedekah akan menghilangkan sifat sombong terhadap diri kita”.  (Fiqh-us-Sunnah vol. 3, hal 97)
6. Mendapatkan Naungan di Hari Kiamat
Nabi Muhammad SAW pernah menyebutkan bahwasanya 7 hal yang dapat menangui pada hari kiamat besok adalah  bersedekah tetapi tangan kirinya tidak tahu apa yang dilakukan oleh tangan kananaya, dan salah satu agar mendepatkan nauanga di hari kiamat salah satunya dengan cara kita bersedekah di masa hidupnya. (HR Bkhari-Muslim).
7. Menyembukan Penyakit
Cobalah kita berniat sedekah untuk menyembuhkan penyakit, sesungguhnya Allah maha pemberi kesembuhan.
Rasulullah SAW juga pernah bersabda : “Bentengilah hartamu dengan sedekah, obati orang-orang sakit dengan bersedekah, dan persiapkan doa untuk datangnhya bencana. (HR. At-Tabrani)













Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments