Cara Mendapatkan Rezeki Yang Barokah

Cara Mendapatkan Rezeki Yang Barokah

Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang tidak ingin mendapatkan rezeki, baik itu rezeki berupa harta, rezeki sehat, rezeki nikmat hidup dan masih banyak rezeki-rezeki yang lain yang terkadang banyak orang yang tidak sadar bahwa itu adalah sebuah rezeki, dan semua itu bisa di dapatkan oelh orang dengan berbagai ikhtiyar yang nereka lakukan, dan pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas tentang bagaimana cara mendapat rezeki yang barokah.

Kebanyakan orang salah mengartikan apa sebenarnya makna sebuah rezeki sesungguhnya, orang banyak mencari rezeki dari berbagai macam cara, bahkan ada diantara kita yang mencari rezeki dari jalan yang kurang benar/haram. Terkadang orang hanya memandang sebuah rezeki dari satu sudut pandang saja, sebenarnya memandang rezeki itu tidak hanya pada sudut pandang satu saja. 

Kebanyakan orang bahkan kita memandang   rejeki  dengan materi saja.  Rezeki juga bukan hanya soal materi saja , misal kita masih bisa menikmati hidup sehari-hari  tanpa mengalami  itu juga rezeki. Banyak di lingkungan sekitar kita orang yang mempunyai banyak materi tapi mereka tidak bisa menikmatinya dikarenakan sakit. Salah satu jalan di tambahkanya rezeki yaitu dengan cara kita banyak-banyak bersyukur terhadap rezeki yang kita miliki sekarang ini, dan barang siapa yang banyak bersyukur terhadap rezeki yang dimilikinya Allah SWT akan menambahkan rezekinya pada waktu lusa.
Dan pernahkah kita bertanya pada diri kita sendiri, berkah nggak ya rezeki yang kita miliki selama ini? Rezeki yang sering kita terima, bahakan mensyukuri rezeki aja kadang kita lupa. Padahal keberkahan dari sebuah rezeki adalah segalanya, percuma saja kita mempunyai banyak rezeki tapi tidak berkah, lebih baik mempunyai rezeki sedikit tapi berkah, syukur-syukur punya banyak rezeki tapi berkah itulah yang tentunya kita cari. Karena rezeki yang bakal masuk ke dalam tubuh kita dan menyatu dengan sel-sel tubuh kita. Sehingga rezeki tersebut akan mempengaruhi segala sesuatu yang ada pada tubuh kita nanti. 

Maka carilah rezeki yang di dalamnya ada keberkahanya, karena rezeki tersebut akan membawa hidup kita tentram tanpa ada masalah. Karena nantinya juga rezeki akan membawa hidup kita kepada sang maha pencipta. Dan pada akhirnya nanti kita akan mengetahui bahawa keberkahan adalah makna rezeki luas yang sebenarnya, namun rezeki yang luas adalah rezeki yang terdapat keberkahan di dalamnya.
Ulama juga ada yang berpendapat bahwa besar kecilnya rezeki itu tergantung tawakal kita kepada Allah SWT, artinya bahwa setiap rezeki itu datangnya pasti dari Allah SWT.  Jadi meskipun rezeki itu diberikan oleh Allah tetapi kita sebagai hambanya wajib mencarinya, tetapi usaha juga yang menentukan halal atau haramnya dari sebuah rezeki yang kita miliki, setiap muslim juga wajib mencari rezeki dengan usaha yang bisa mengantarkan  pada hasil yang halal, meskipun hakikat rezeki halal atau haram itu dari Allah SWT, tetapi yang menentukan status halal atau haramnya dari sebuah rezeki adalah manusia itu sendiri.
Manusia besok  juga akan diminta pertanggung jawabanya di yaumil qiyamah, dari mana rezeki itu dicari, apakah bertentangan dengan jalan yang telah di tetapkan Allah SWT atau tidak? Demikian pula bagaimana pemanfaatan rizki yang diberikan kepada manusia, apakah dengan sesuatu yang disyariatkan oleh Allah SWT atau tidak? Sebab semua aktivitas manusia di dunia akan di mintai pertanggung jawabanya oleh Allah SWT.
Demikian penjelasan apa hakikat makna dari sebuah rezeki yang allah titipkan kepada manusia di dunia, semoga ada kemanfaatan bagi umat islam khususnya pembaca. Inilah sebenarnya yang perlu kita ketahui sebelum kita mencari sebuah rezeki. 
Wallahua’alm Bisowab.

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments