November 16, 2017

Asal Usul Sejarah Habib di Nusantara

Tidak banyak yang tau dari mana asal mula sebenarnya habib yang ada di Indonesia ini berawal.  Tapi ada sebagian pendapat mengatakan bahwa para habib yang dating ke Indonesia ini berasal dari timur tengah, misi dari habib dating ke Indonesia untuk berdakwah dan berdagang. Orang awam hanya paham bahwa habib identic denganustadz yang keturunan bangsa arab dengan berjanggut tebal dan bersorban.  Orang awam hanya mengetahui bahwa habib adalah figur pendakwah yang harus dihormati.

Jika diteliti munculnya habib di Indonesia merupakan suatu penghormatan kepada keturunan Nabi Muhammad SAW. Sebutan habib dinisbatkan/dirujikan terhadap keturunan Nabi Muhammad SAW melalui putrinya yaitu sayidatina Fatimah Az- Zahra yang menikah dengan sahabat Ali bin Abi Thalib karomaullahu wajhah (yang di muliakn wajahnya). 

Dari pernikahnya tersebut mereka dikaruniai 2 putra yaitu (Hasan dan Husain). Dari situlah muncul gelar khusus yaitu Habib (yang dimuliakn), Sayid (Tuan), Syarif (yang mulia) bahkan juga di darah jawa timur di panggil yiek, gelar habib kebanyakan disandarkan kepada mereka yang mempunyai pengetahuan islam yang sangat luas.
 
Berdasarkan catatan Rabitah Alawiyah, organisasi yang mencatat silisilah para habib, di dunia ini ada sekiatar 20 juta orang yang menyandang gelar habib. Tetapi dari semua itu ada beberapa marga yang sangat masyhur (terkenal) yaitu ada 114 marga, dan menurut Rabitah Alawiyah hanya laki-laki saja yang berhak menyandang gelar Habib, tetapi kalu wanita banyak orang menyebutkan atau memanggilnya dengan julukan syarifah. Dari merekalah tersusun silsilah hingga belasan abad, kebanyakan para Habib yang dating ke Indonesia ini berasal dari kota Hadramaut (Yaman). 

Tentu tidak semua keturunan arab disebut sebagai Habib. Missal Abu Bakar Ba’asyir mantan Tamir Mujahid MMI (majelis mujahid Indonesia), meski beliau keturunan Arab dari Yaman, Ba’asyir bukanlah tergolong Habib dikarenakan beliau tidak ada silsilahnya atau keturunanaya sampai dengan sayidatina Fatimah Az-Zahra.

Dari berbagai macam fam atau marga yang ada di Indonesia mereka terkumpul dalam sebuah nama keluarga yang di sandangnya, seperti Assegaf, Al Habsyi, Syihab, Al Attas dan masih banyak lagi, berbagai Habib yang masyhur di Indonesia antara lain :

1. Habib Muhammad Luhfi bin Ali bin Hasyim bin Yahya, ketua jama’ah tariqah (Jatman) Pekalongan

2. Habib Ali Alatas, mantan menteri luar negeri

3. Habib Rizieq Syihab, pendiri FPI

4. Habib Munzir bin Fuad Al Musawa, pendiri majelis Rasulullah

5. Habib Hasan bin Ja’far Assegaf, Pendiri majelis ta’lim Nurul Mustafa, Jakarta

6. Habib Syekh bin Abdul Qadir Assegaf, Solo

7. Habib Muhsin Al Attas, Jakarta

8. Habib Syaikhon Al Bahr, (wali madjub)

9. Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al Attas, Pekalongan

10.Habib Anis Al Habsyi, dll masih banyak yang belum disebutkan itu hanya sebagaian saja.

Di kalangan warga nahdiyin pasti tidak asing lagi dengan Habib Luthfi yang  berasal dari pekalongan, bahkan kakek dari beliau adalah salah satu pendiri organisa Nahdhatul Ulama, beliau adalah habib Hasyim bin Yahya, habib lutfi banyak menghadiri pengajian-pengajian atau undangan untuk mengisi ceramah pada waktu kegiatan-kegiatan islam, bahkan pernah dengar bahwa beliau mempunyai karamah yang sangat luar biasa. Selanjutnya juga ada Habib syekh bin Abdul Qadir Assegaf beliau berasal dari solo, Habib syekh terkenal dengan dakwahnya yaitu dengan qasidah-qasidah salawatnya.

Lalu ada habib Munzir bin Fuad Al Musawa beliau berasal dari Jakarta adalah murid dari Habib Umar  bin Khafid dari Yaman, Habib Munzir adalah ketua tU pendiri majelil Rasulullah kalau yang tinggal di darah jabodetabek pasti kenal, bahkan setiap acara acara islami atau maulid Nabi ribuan warga yang berbondong bonding untuk menghadirinya.

Wallahualam Bissowab
Bukan bermaksud apa-apa, Cuma mau meluruskan sedikit soal gelar Habib da nasal usulnya, agar kita jadi paham siapa yang pantas menyandang gelar atau julukan Habib.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon