Perbedaan maulid nabi muhammad dan maulid nabi

Perbedaan maulid nabi muhammad dan maulid nabi

Kebanyakan orang masih banyak yang bingung, apalagi orang yg masih awam tentang masalah ilmu agama dan kurang belajar tentang sejarah di peringatinya  maulid nabi, kalau kita cari di kitab tarikh atau yang menjelaskan tentang sejarah peringantan maulid nabi saw tidak akan ditemukan. Bahkan ada yang menyebutkan maulid nabi itu jatuh pada tanggal 17 Ramadhan dan ada juga yang menyebutkan jatuh pada tanggal 12 maulid/Rabiul awal.

Sebenarnya yang benar itu yang mana???
Sedikit mencoba menjelaskan tentang maulid nabi dan maulid nabi Muhammad saw.  Bahwa kalau maulid nabi itu jatuh pada tanggal 17 ramdhan atau tepatnya nuzulul quran, ketika nabi Muhammad menerima wahyu yang pertama pada syurat Al-A’laq ayat 1-5.
Sebaliknya kalau peringatan maulid nabi muhamamd  saw yang biasa diperingati khususnya kaum muslimin khususnya lagi warga aswaja/nahdiyin  yaitu jatuh pada tanggal 12 maulid/Rabiul awal. Perbedaanya hanya pada pengucapan anatara kata maulid nabi dan maulid nabi Muhammad, kalau maulid nabi masih umum sedangkan maulid nabi Muhammad khusus yaitu diperingatinya pada waktu kelahiran nabi Muhammad saw yaitu pada tanggal 12 maulid.

Sebenarnya pada jaman khulafaaur rasyidin pun maulid nabi Muhammad saw belum  diperingati, beberapa ulama berpendapat bahwa maulid nabi Muhammad pertamakalidiperingati pada masa salahuddin Al Ayubi sekitar tahun 1193 m, salahuddin al ayubi bahkan menganjurkan umat islam untuk maulid nabi muhamamd saw guna untuk membangkitkan rasa juang mereka, karena pada zaman kepemimpinan salahuddin al ayubi adalah masa-masa peperangan melawan pasukan tentara salib.
Tetapi beberapa sejarawan islam banyak yang berbeda pendapat, mereka mengtakan maulid nabi Muhammad di pelopori oleh dinasti Fatimiyah, salah satu sejarawan islam  mengatakan para dinasti fatimiyyah memang memiliki banyak perayaan sepanjang tahun dan salah satunya adalah peringatan maulid nabi Muhammad saw.
Sekian terimakasih…
Semoga bermanfaat


Advertisement

Baca juga:

This Is The Oldest Page
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments