7 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pada Saat Shalat

7 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pada Saat Shalat

Sesungguhnya amalan atau ibadah yang pertama kali akan dihisab besok pada yaumil qiyamah adalah shalat, jika shalatnya baik maka semua amal ibadahnya juga baik dan sebaliknya jika shlatnya buruk maka ibadah lainyapun juga buruk. jadi shalat menjadi pokok dalam soal ibadahnya sesorang.
Shalat adalah tiang agama Islam, jika seseorang mengerjakan shalat berati dia menegakan tiang agama, dan jika seseorang meninggalkan shalat berati ia sejatinya telah meruntuhkan tiang agama. mengerjakan shalat tidak hanya dengan menggugurkan kewajibanya saja, tetapi didalamnya memiliki aturan dan tata cara yang telah ditentukan oleh agam islam.
seperti sabda Rasulullah SAW : "Shalatlah kamu sebagaimana kamu melihat aku shalat"
Dan berikut ini beberapa kesalahan yang admin ketahui dan sering terjadi atau bahkan dilakukan dalam shalat. diantaranya :
1. Tidak Niat di Dalam Hati
 Kebanyakan orang ketika shalat hanya melafalkan niat saja tanpa dibarengi dengan niat didalam hatinya. karena sebenarnya niat didalam hatilah yang wajib dilakukan, sedangkan melafalkanya adalah sunah dan jika tidak dilakukan tidak apa-apa yang terpenting adalah niat didalam hati.
2. Was-Was Ketika Takbiratul Ihram
Kesalahan kedua ini banyak dialami oleh mereka yang berkeyakinan harus berbarengan  anatara niat dihati dan ucapan ketika takbiratul ihram. Dan jika ada yang mengganggu dalam proses niatanya, dia harus membatalkan diri dan mengulangi takbiratul ihramnya. Untuk mengobati penyakit was-was ini sebaiknya yakinlah bahwa anada sudah niat, tidak perlu diulangi dan baca takbiratul ihram sekali saja.
3. Tuma'ninah
 Tuma'ninah adalah tenang dan tidak tergesa-gesa dalam melakukan shalat, Tuma'ninah sendiri merupakan rukun shalat, sehingga bila seseorang tidak melakukan Tuma'ninah maka shalatnya tidak sah. karena Tuma'ninah sendiri tenang dalam rukun, i'tidal, sujud hingga pada salam.
4. Mendahului Gerakan Imam
 Ini juga masih banyak terjadi pada sekitar kita, padahalkesalahan ini juga termasuk dapat membatalkan shlat atau minimal membatalkan rakaatnya. maka sebaiknya yang dilakukan oleh ma'mum adalah mengikuti gerak geriknya imam, Rasulullah juga pernah bersabda dalam hadisnya yang diriwayatkan oleh Abu Daud. "Tidaklah seseorang imam dijadikan imam kecuali untuk diikuti,maka jika ia bertakbir maka takbirlah kalian, dan jangan takbir sampai mereka bertakbir dan jika ia ruku' maka ruku'lah kalian, dan janganlah ruku' sebelum ia melakukan ruku' ".
5. Bergerak Tanpa Ada Keperluan
 Ini dia gerakan yang banyak sekali dilakukan ketika orang shalat baik dari usia muda sampai tua hampir semua melakukanya. boleh gerak ketika ada keperluan saja dan iyupun gerakanya dibatasi. contohnya ketika shalat ada bagian yang sangat gatal maka diperbolehkan untuk mengukurnya tetapi cukup dengan 3 gerakan saja, kalau lebih maka shalatnya tidak sah.
6. Tidak Memperhatikan Anggota Sujud
Dikatakn sempurnanya sujud adalah ketika ke tujuh anggota sujud tersebut telah sesuai dengan posisinya, maksutnya anggota sujud tersebut nempel pada tempat shalat. ketujuh anggota sujud tersebut adalah, kedua telapak tangan, dahi, hidung, kedua lutut serta kedua kaki. Dianatara makmum pasti ada yang tidak meletakan jidat dan hidungnya ataupun anggota sujud yang lain ke bumi dengan baik dan benar sesuai aturan dan tata caranya, tentu saja hal ini berselisih apa yang telah ditetapakan.
7. Tidak Meluruskan dan Merapatkan Shaf Saat shalat Jamaah
Ini adalah kesalahan yang bahkan sangat umum terjadi ketika melakukan shalat dengan berjamaah, makmum tidak mengatur shaf dengan baik, sedangkan imam seharusnya sebagai panutan dan seharusnya memerintahkan kepada makmumnya untuk meluruskan shaf yang baik dan benar. Padahal masalah shaf adalah hala yang penting ketika melaksanakan shalat berjamaah dan Allah telah memerintahkan untuk meluruskan shaf-shaf kalaian , karena sesungguhnya meluruskan shaf termasuk kesempurnaan dalam shalat.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa perkara yang sering kita temui bahkan kadang kita lakukan dalam shalat baik sendirian maupun berjamaah. Dan mudah-mudahan kita dapat menghindari perbuatan-perbuatan tersebut sehingga shalat kita menjadi lebih sempurna. Yang terakhir mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan dan penjabaran itu semua kesalahan dari saya dan apabila ada kebenaran itu sejatinya hanya milik Allah Swt saja.
Wallahu Alam Bissowab

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments