7 Keutamaan Memperingati Maulid Nabi Muhammad Menurut Habib Luthfi

7 Keutamaan Memperingati Maulid Nabi Muhammad Menurut Habib Luthfi

"Membaca shalawat janganlah bermalas-malasan, bershalawat harus dengan penuh rasa semangat". Begitu pesan yang pernah disampaikan maulana Habib Luthfi Bin Ali Bin Hasyim Bin Yahya. Menurut beliau, sedikitnya ada tujuh keutamaan memperingati maulid Nabi Muhammad SAW yang tidak sekedar kegiatan rutinitas saja.Adapun ketujuh manfaat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW adalah :1. Nabi Muhammad SAW pada waktu muda, sebelum masa kerasulan. telah mendapat gelar Al-Aminoleh pemuka kaum Qurays pada waktu peletakan Hajar Aswad di kota Mekkah.2. Nabi Muhammad SAW merupakan satu-satunya Nabi dan Rasul yang kewilayahanya mencakup  seluruh Dunia, sedangkan nabi dan rasul hanya wilayah tertentu saja.3. Nabi Muhammad SAW tidak pernah dipanggil hanya dengan namanya beliau saja oleh Allah SWT seperti nabi-nabi yang lain. melainkan beliau dipanggil dengan gelar-gelarnya. diantara gelarnya adalah Thaha, Ya Muzamil, Ya Mudatsir, Yasin dll.
4. Nabi atau rasul lain hidup sejaman, misal Nabi Ibrahim dengan Nabi Ismail. Nabi Daud dengan Sulaiman, sedangkan pada zaman beliau hanya nabi Muhammad SAW saja, tidak ada yang sejaman.
5. Yatimnya beliau Nabi Muhammad SAW mengisyaratkan bahwa tarbiyah (pendidikan)Al-Quran langsung oleh Allah SWT bila wasithah (tanpa perantara) bukan seperti yatimnya orang pada umumnya.
6. Allah SWT Tuhan maha pencipta alam semesta ini dan para malaikatnya bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW. seperti yang dijelaskan dalam (QS. Al-Ahzab ayat 56)dan dikuwatkan lagi dalam hadis riwayat Ibnu Majah. "Bershalawatlah kamu kepadaku, karena shalawat itu menjadi zakat penghening jiwa dan pembersih dosa bagimu".
7. Adanya Al Quran (Nuzulul Quran) peristiwa Isra' dan Mi'raj dan lain sebagainya berawal dari lahirnya baginda nabi agung Muhammad SAW sebagai kekasih Allah yang telah diturunkan ke muka bumi ini.

Itulah beberapa keutamaan memperingati maulid nabi Muhammad SAW yang pernah disampaikan oleh maulana Habib Luthfi Bin Ali Bin Yahya yang perlu kita ketahui, dan semoga menjadi wawasan kita untuk lebih semangat lagi dalam memperingati maulid nabi dan tentunya semoga bisa mencontoh beliau.
Semoga bermanfaat dan mohon maaf bila ada kesalahan..Allahuma Salli Ala Sayiddina Muhammad

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments