apakah boleh memotong kuku dan Rambut saat haid??

apakah boleh memotong kuku dan Rambut saat haid??

Mengenai masalah memotong kuku dan rambut saat haid seringkali terjadi pada wanita. Bahkan banyak yang menanyakan kepada para ulama, sebenarnya boleh atau tidak memotong kuku dan rambut  bahkan membuangnya ketika haid dan apakah wajib mencuci kuku dan rambut sebelum di buang?
Kesalahan
Sebagian wanita terbiasa memotong kuku dan rambut pada saat ia dalam keadaan haid, padahal sebaiknya hal itu dihindari, sebab dikuatirkan kuku dan rambut yang dipotong pada saat haid itu akan dikembalikan kepada wanita itu kelak di akhirat dalam keadaan mempunyai hadats besar.
Hukum yang benar :
Jika tidak dalam keadaan terpaksa, hendaknya hal itu dihindari, meskipun tidak ada ulama yang mengharamkanya. Namun juga tidak perlu memandikan rambut dan kuku tersebut pada saat suci, jika terpaksa memotongnya.
Refrensi
Keterangn : (Faidah) Al-Ghazali berkata dalam kitab Ihya’ Ulumudi : Hendaknya bagi setiap orang tidak menghilangkan sesuatu dari rambutnya, memotong kuku, mengeluarkan darah, memotong sebagian dari tubuhnya, karena akan dikembalikan kepadanya di akhirat dalam keadaan junub. Dan ada maqolah yang mengatakan. “Sesungguhnya setiap sepuluh bagian dari tubuh akan menuntutnya, sebab berada dalam keadaan junub”. Namun masalah ini yaitu dikembalikanya darah dan anggota lain perlu dianalisa kembali, karena yang dikembalikan kelak di akhirat adalah bagian-bagian tubuh yang dibawa mati. Orang yang punya kewajiban mandi disunahkan tidak menghilangkan sesuatu dari tubuhnya, walaupun berupa darah, rambut, kuku dan lain-lain. Karena setiap bagian dari anggota badan akan kembali di akhirat, artinya jika dihilangkan sebelum mandi, maka hadats besarnya akan kembali sebagai celaan atau cemo-ohan kepada orang tersebut.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai hukum memotong kuku dan rambut pada saat haid, dan semoga bermanfaat bagi khalayak umum. dan mohon maaf bila ada kesalahan


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments