February 10, 2018

Bolehkah seorang wanita memakai kosmetik saat berwudhu??

Kesalahan
Tidak memungkiri lagi jika seorang wanita gemar memakai kosmetik seperti bedak, celak, dan lain sebagainya karena itu semua adalah kodrat mereka. Dan kebanyakan di antara mereka ketika mau berwudhu kosmetik tadi tidak di hilangkan terlebih dahulu . dan ketika kosmetik tersebut tidak di hilangkan terlebih dahulu maka besar kemungkinan air wudhu tersebut menjadi berubah dengan sebab adanya kosmetik yang masih menempel pada wajah, tentunya dalam hal ini menyebabkan wudhunya tidak sah, sebab air untuk berwudhu tersebut telah berubah dari bentuk asalnya dengan alasan terkena kosmetik tersebut.

Hukum yang benar
Sebelum seorang wanita melakukan wudhu sebaiknya kosmetik yang menempel pada wajahnya atau anggota wudhu tersebut di hilangkan terlebih dahulu, sehingga kosmetik tersebut benar-benar hilang setelah itu baru melakukan wudhu, sehingga air yang mengenai anggota wudhu tidak berubah.
Di qiyaskan pada Keterangan dalam kitab masailul mufidah juz 21 (perpustakaan darul ulumul islamiyah)
“Perubahan air yang disebabkan oleh air perahan buah, minyak za’faron, celak dan pohon usynan itu bisa berbahaya (air tidak suci mensucikan lagi), karena perkara tersebut adalah perkara yang mukhollith bila memenuhu syarat-syarat lainya.”

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon