wajib tahu!! inilah hukum wanita sedang haid membaca al quran

wajib tahu!! inilah hukum wanita sedang haid membaca al quran

Haid adalah merupakan siklus biologis yang terjadi pada setiap wanita dewasa. Yang di tandai dengan keluarnya darah melalui faraj. Adapaun wanita yang sudah haid yaitu ketika mereka sudah berumur kurang lebih 9 tahun dalam perhitungan kalender hijriyah atau kalender Islam. Adapun batas minimal darah haid adalah sehari semalam dan batas maksimal adalah selama  15 hari. Hal ini merupakan ketetapan Allah SWT dan harus berlaku bagi kaum hawa.
Dalam islam darah haid merupakan hadas besar, maka ketika wanita mengalami haid maka ia terhalang dalam masalah ibadah wajibnya. Seperti shalat, puasa, berhubungan badan dan lain sebagainya.
Lalu bagaimana kalau membaca Al quran? Apakah di perbolehkan untuk membacanya?
Mengenai hal ini ada beberapa pendapat mengenai ulama 4 madzhab. Yaitu maliki, hanafi, hambali dan syafi’i. adapun penjelasanya adalah sebagai berikut :

Menurut imam maliki
Seorang wanita yang sedang mengalami haid atau hadas besar tidak di perbolehkan untuk membaca Al quran terkecuali sedikit. Menurut imam maliki wanita boleh membaca Al quran ketika darah haid tersebut sedang turun. Adapun ketika wanita tersebut hanya ingin memegang saja itu juga tidak di perbolehkan kecuali untuk belajar dan mengajar.

Menurut imam Abu Hanifah/imam Hambali
Muslimah yang sedang mengalami haid di haramkan untuk membaca Al quran, kecuali dalam hal mengajar ini pun hanya berlaku dalam menjelaskan antara yang benar dan yang salah saja.
Imam syafi’i
Sedangkan menurut imam syafi’I wanita yang sedang mengalami haid atau hadas besar sangat di haramkan untuk membaca Al quran meskipun itu hanya satu huruf jika hal ini di maksudkan untuk tilawah dan jika di niatkan untuk dzikir dan do’a dan tanpa senagja meka tidak di haramkan.
Imam hambali
Imam hambali berpendapat bahwa wanita yang sedang mengalami haid atau hadas besar hanya di perbolehkan untuk membaca Al quran hanya ayat-ayat pendek saja, panjang boleh tapi yang serupa dengan ayat=ayat pendek.  Dan jika lebih dari hal tersebut maka di haramkan. Dan sedangkan berdzikir dengan Al quran tidaklah di perbolehkan atau di haramkan.
Demikianlah pembahasan mengenai hukum wanita membaca Al quran saat haid. Kebanyakan ulama melarang hal ini, meskipun ada sedikit yang memperbolehkan untuk membacanya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca dan gtentunya kami. nantikan post artikel selanjutnya dengan tema yang berbeda..
Wassalam…

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments