Hari-hari yang diharamkan berpuasa

Hari-hari yang diharamkan berpuasa

Dalam Islam ada hari dimana dilarang untuk melakukan puasa, baik puasa sunah maupun puasa wajib. Puasa sendiri adalah rijun islam yang ke empat setelah zakat, maka melaksanak puasa hukumnya wajib bagi seorang muslim. Akan tetapi dalam pelaksanaanya puasa juga ada aturanya masing-masing. Dalam Islam juga terdapat beberapa hari dimana dilarang untuk berpuasa dan puasa tidak bisa dilakukan setiap hari, karena hal ini sudah menjadi larangan Allah SWT yang diberikan kepada rasulnya. Berikut ini penjelasan mengenai hari-hari yang diharamkan untuk berpuasa :

1) Dua hari raya (Idul fitri dan Idul Adha)

Dilarang berpuasa pada hari ini karena ada maksud yaitu agar umat islam dapat menikmati hari raya idul fitri sebagai hari berbuka dan hari raya idul adha untuk menikmati daging qurban. Sabda Rosulullah SAW, yang artinya : “Sesungguhnya Rasulullah telah melarang untuk berpuasa dua hari raya, yakni hari raya idul fitri dan hari raya idul adha”.

2) Hari Tasyrik
Puasa pada hari tasyrik diharamkan oleh Allah SWT karena hari tasyrik itu merupakan hari yang diperintah Allah untuk menikmati makan dan minum. Hari tasyrik jatuh setelah hari raya qurban, tepatnya selama tiga hari yaitu tanggal 11, 12,13 dzulhijah.

3) Puasa Sepanjang Masa (Puasa Wisal)

Puasa sepanjang masa adalah puasa terus menerus tidak pernah berhenti sepanjang masa tanpa berbuka. Puasa seperti oini haram hukumnya, karena puasa terus menerus menyebabkan orang tidak menikmati hidup ini.

4) Puasa Khusus Hari Jumat
Hari jumat merupakan “Sayyidula ayam”, yaitu hari raya mingguan bagi umat islam  hukumnya bagi umat islam untuk melakukan puasa. Puasa hari jumat bisa dilakukan, asal kita berpuasa sebelum atau sesudahnya, atau pada hari jumat itu merupakan hari “Arofha atau asyura”, Sabda Rasulullah SAW, yang artinya : “Sesungguhnya hari jumat itu merupakan hari rayamu, maka dari itu janganlah berpuasa pada hari itu, kecuali kamu berpuasa sebelum / sesudahnya. “Puasa merupakan salah satu amalan yang dicintai oleh Allah SWT yang mana Allah menjanjikan keutamaan dan manfaat yang besar bagi yang mengamalkannya”.

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments