Hukum menipiskan alis mata dalam pandangan islam

Hukum menipiskan alis mata dalam pandangan islam

Usaha untuk mempercantik diri bagi kaum wanita selalu bermacam-macam caranya. Dari mulai make up sampai dengan menata dan menipiskan alis. Pada zaman sekarang banyak wanita yang membuat bulu pada alis mata dengan cara ditipiskan bahkan terkadang ada yang di kerok samapi habis, dan diganti dengan apa yang mereka inginkan tanpa mengetahui apa sebenarnya hukum menipiskan alis pada bulu mata dalam pandangan Islam. Adapun hukumnya yaitu tidak boleh atau haram, tidak boleh mengambil rambut alis pada mata dan juga tidak mempertipisnya karena sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya :
“Bahwa beliau melaknat wanita yang mencabut alis matanya dan wanita yang meminta untuk dicabut alis matanya.”
Jumhur ulama juga berpendapat bahwa mencukur atau menipiskan alis mata adalah perbuatan yang haram, karena itu merupakan dosa besar yang termasuk dalam kategori “nimish” yang dilaknat oleh Rasulullah SAW.

Sedangkan imam hambali berkata : “Diperbolehkan mencukur rambut dahi, memberi warna merah (make up), menguikir, dan menipiskan ujung matanya apabila sudah izin suaminya, karena yang demikian itu termasuk dalam hal berhias.”
Sedangkan menurut imam nawawi bersikap keras dalam hal ini. Tidak memperbolehkan mencukur rambut dahi dan menganggapnya sebagai perbuatan mencukur alis yang diharamkan. Wanita yang mencukur alis sampai tipis sekali, dan dengan demikian tidak termasuk menghias muka dengan menghilangkan bulu-bulunya.
Dan jika dipotong atau dicukur sebagian ulama berpendapat makruh dan sebagian ulam yang lain melarangnya. Karena perbuatan ini termasuk “nimish” dan berkata bahwa “nimish” itu tidak khusus dengan mencabut saja, tapi itu umum dalam semua hal yang merubah rambut dan bahkan  Allah SWT tidak rela.
Demikianlah sedikit pembahasan mengenai hukum menipiskan alis mata. Semoga bisa menjadi wawasan bagi para pembaca..semoga bermanfaat. Wassalm…

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments