Macam-Macam Sujud Beserta Bacaanya

Macam-Macam Sujud Beserta Bacaanya

Sujud secara bahasa berasal dari bahasa arab yaitu sajada yang artinya tunduk, merendah. Sedangkan menurut istilah yaitu meletakan kedua telapak tangan, kedua lutut, kedua telapak kaki, kening dan hidung dengan tujuan tertentu karena Allah SWT pada waktu dan saat-saat tertentu. Dalam agama Islam ada beberapa macam sujud, selain yang ada pada rukun sholat. Macam-macam sujud dalam ilmu fiqih masih banyak orang awam yang belum memahaminya, dan bagaiman praktiknya pun terkadang masih banyak yang bingung, maka dari itu mari kita belajar bersama mengenai sujud yang ada pada ilmu fiqih.

Dalam ilmu fiqih sendiri sujud dapat dibagi menjadi 3 macam yaitu :

1. Sujud Tilawah

Sujud tilawah yaitu sujud karena membaca atau mendengar ayat-ayat Al-Qur’an tertentu,
yakni yang dinamakan ayat-ayat sajadah. Bacaan sujud tilawah

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ تَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ
Artinya :
“Wajahku bersujud kepada Penciptanya, yang Membentuknya, yang Membentuk pendengaran dan penglihatannya. Maha Suci Allah Sebaik-baik Pencipta.”

2. Sujud Sahwi

Sujud sahwi yaitu sujud yang dilakukan orang yang shalat, sebanyak dua kali untuk menutup kekurangan yang terjadi dalam pelaksanaan shalat. Baik kekurangan raka’at, kelebihan raka’at, atau karena ragu-ragu yang disebabkan karena lupa.
Bacaan sujud sahwi

    سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُو

Artinya:
“Maha Suci Allah yang tidak tidur dan tidak lupa.”

3. Sujud Syukur

Sujud syukur yaitu sujud yang dilakukan karena kita menerima kenikmatan atau mendengar berita yang menggembirakan. Bacaan sujud syukur

    سُبْحَانَكَ اَللَّهُمَّ اَنْتَ رَبِّي حَقَّا حَقَّا
 سَجَدْتُ لَكَ يَارَبِّ تَعَبُّدًا وَرِقًّا.
 اَللَّهُمَّ اِنَّ عَمَلِي ضَعِيْفٌ فَضَاعِفْ لِي.
 اَللَّهُمَّ قِنِي عَذَابَكَ يَوْمَ تُبْعَثُ عِبَادُكَ وَتُبْ عَلَيَّ
اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Artinya :
”Maha Suci Engkau. Ya Allah, Engkaulah Tuhaku yang sebenarnya, aku sujud kepada-Mu ya Rabbi sebagai pengabdian dan penghambaan. Ya Allah, sungguh amalku lemah, maka lipat gandakan pahalanya bagiku. Ya Allah, selamatkan aku dari siksa-Mu pada hari hamba-hamba-Mu dibangkitkan, terimalah taubatku, sesunguhnya Engkau Maha Menerima taubat dan Maha Penyayang.”

Itulah beberapa sujud yang ada pada ajaran agama Islam yang perlu ketahui dan juga perlu kita praktikan baik itu dalam bentuk ibadah kepada Allah maupun dalam kehidupan sehari-hari.


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments