Salah kaprah tentang pemahaman memanggil pak haji kepada orang yang belum haji

Salah kaprah tentang pemahaman memanggil pak haji kepada orang yang belum haji

Haji dalam agama Islam merupakan rukun Islam yang ke lima. Namun ketika orang yang mau menunaikan ibadah haji mereka harus memnuhi syarat yang diantaranya yaitu mampu dalam hartanya dan juga mampu dalam kesehatanya.  Dikatakan sempurna iman seseorang jika mereka sudah melaksankan ibadah haji.

Kesalahan :
Sering terdengar di telinga kita atau bahkan sudah banyak yang melakukan dengan kerap memanggil terhadap seseorang yang belum menunaikan ibadah haji dengan sebutan “pak haji”. Padahal memanggil orang yang belum haji dengan sebutan “pak haji” hukumnya tidak boleh.

Hukum yang benar
Haram, karena panggilan tersebut adalah bohong, sebab makana yang terkandung dalam kata “ya hujaj” adalah “hai orang yang telah beribadah haji atas jalan yang telah ditentukan”. Akan tetapi jika yang dikehendaki dengan panggilan “hai pak haji”, itu diperuntukaan pada maknalughowi (bahasa), dan bertujuan makna yang benar, semisal memanggil “hai pak haji” dengan maksud memanggil orang yang akan berhaji ke-Makkah, maka hukumnya boleh atau tidak haram.

Semoga bisa menambah wawasan bagi kita semua dan semoga bermanfaat

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments