5 fungsi Akhlak yang Harus Anda Ketahui Bagi Kehidupan Sosial

5 fungsi Akhlak yang Harus Anda Ketahui Bagi Kehidupan Sosial

Akhlak dalam bahasa arab dapat diartikan sebagai tabiatatau kebiasaan. Kata akhlak sendiri sering kita jumpai dalm kehidupan sehari-hari, dan sebagai umat muslim kita harus mengetahui bukan saja dari artinya saja, akan tetapi yang paling penting adalah mempraktekanya dalm kehidupan sehari-hari. Bahkan rasulullah sendiri diutus ke muka bumi adalah untuk menyempurnakan akhlak manusia, dimana pada saat itu akhlak yang dimiliki oleh kaum jahiliyah masih jauh dengan yang namanya akhlak terpuji.

Pada zaman jahiliyah orang tidak segan-segan untuk membunuh bahkan mengubur anak perempuan dalam keadaan masih hidup.  Jumhur ulama mengatakan bahwa akhlak sendiri adalah buah dari keimanan sesorang dalam melaksanakan ibadah sehari-hari.

Imam Maskawaih menjelaskan bahwa akhlak adalah keadaan jiwa atau sifat seseorang untuk mendorong melakukan sesuatu tanpa perlu mempertimbanghkanya terlebih dahulu. Bahkan akhlak sendiri lebih utama dari pada ilmu, karena seorang yang mempunyai akhlak pasti mempunyai ilmu, sedangkan orang yang berilmu belum tentu mempunyai akhlak yang baik.


Fungsi akhlak secara umum yakni sangatlah penting, terutama dalam mensejahterakan kehidupan sosial. Maka dari itu ilmu akhlak sangatlah penting untuk kita pelajari dan menerapkannya dalam aktivitas sehari-hari. Karena dengan akhlak tersebut kita bisa menyeimbangkan antara akhlak yang baik dengan akhlak yang buruk pada perbuatan manusia.

Berikut fungsi akhlak dalam kehidupan sosial

 1. Mengembalikan akhlak Rasulullah menjadi acuan kehidupan sehari-hari umat Islam. Maksudnya yaitu mengarungi lautan kenikmatan dan kemewahan kehidupan duniawi agar tidak kebablasan.

2. Mengimbangi kehidupan duniawi yang serba hingar bingar dengan kehidupan spiritual yang serba teduh dan hening. Atau dengan kata lain, memasukkan nilai spiritualitas terhadap setiap sektor kehidupan.

3. Peneduh jiwa karena hilangnya kebermaknaan hidup dalam zaman kemajuan ilmu dan teknologi. Dalam masyarakat yang sudah maju, nampaknya mulai timbul kebosanan serta rasa kekosongan makna hidup yang luar biasa.

4. Pengerem psikologis dari kehidupan yang diwarnai penuh persaingan (kompetisi). Dalam kondisi orang seperti ini maka ahklak merupakan medium untuk mengendor ketegangan psikisnya.

5. Penguat kesadaran kebersamaan hidup. Pada zaman yang maju dalam hal ekonomi, ilmu, dan teknologi rasa egoisme senderung menguat tajam. Bisa dikatakan citra individualisme mengusai diseluruh sektor kehidupan.

Adapun fungsi lain dari Akhlak yang sering kita jumpai di dalam kehidupan sosial adalah sebagai berikut:

1. Menciptakan manusia yang sejahtera
2. Merendahkan diri dalam pergaulan

cukup sejkian mengenai pembahasan fungsi akhlak sebagi kehidupan sosial, dan jangan lupa tunggu materi artikel yang insya allah bermanfaat..

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments