Inilah 11 manfaat puasa yang jarang diketahui muslim

Inilah 11 manfaat puasa yang jarang diketahui muslim

Puasa dalam agama Islam merupakan rukun Islam yang ke empat. Ketika seseorang sudah baligh atau sudah bisa membedakan antara yang baik dan buruk maka setiap muslim diwajibkan baginya untuk menjalankan ibadah puasa, bahkan sejak kecilpun anak-anak perlu dilatih untuk berpuasa. Selagi seorang muslim masih kuat atau tanpa ada suatu halangan apapun untuk menjalankan puasa maka tidak ada alasan untuk meninggalkanya Menjalankan ibadah puasa pahalanya sangat besar. Puasa sendiri terbagi menjadi dua yaitu puasa wajib dan puasa sunah. Selain puasa mendapatkan pahala yang sangat besar ternyata puasa juga banyak manfaatnya bagi siapa saja yang menjalankanya.
Adapun manfaatnya adallah sebagi berikut :

1) Saat berpuasa ternyata terjadi peningkatan HDL and apoprotein alfa , dan penurunan LDL ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Saat marah terjadi peningkatan jumlah adrenalin sebesar 20-30 kali lipat. Adrenalin akan menurunkan kontraksi otot empedu, menyempitkan pembuluh darah perifer, meluaskan pembuluh darah koroner, meningkatkan tekanan darah reterial dan menambah volume darah kejantung dan jumlah detak jantung. Adrenalin juga menambah pembentukan kolesterol dari lemak protein berkepadatan rendah. Berbagai hal tersebut ternyata dapat meningkatkan resiko penyakit pembuluh darah, jantung dan otak seperti jantung koroner, stroke dan lainnya.
2) Saat puasa terjadi perubahan dan konversi yang passif dalam asam amino yang terakumulasi dari makanan. Pola makan saat puasa dapat mensuplai asam lemak dan asam amino penting saat makan sahur dan berbuka. Sehingga terbentuk tunas-tunas protein, lemak, pospat, kolesterol dan lainnya untuk membangun sel baru dan membersihkan sel lemak yang menggumpal dalam hati.
3) Puasa bisa menurunkan kadar gula darah, kolesterol dan mengendalikan tekanan darah. Itulah sebabnya, puasa sangat dianjurkan bagi perawatan mereka yang menderita penyakit diabetes, kolesterol tinggi, kegemukan dan darah tinggi. Dalam kondisi tertentu, seorang pasien bahkan dibolehkan berpuasa, kecuali mereka yang sakit diabetes yang sudah parah, jantung koroner dan batu ginjal. Puasa dapat menjaga perut yang penuh disebabkan banyak makan adalah penyebab utama kepada bermacam-macam penyakit khususnya obesitas, hiperkolesterol, diabetes dan penyakit yang diakibatkan oleh kelebihan nutrisi lainnya.
4) Sedang diatara manfaat puasa ditinjau dari segi kesehatan adalah membersihkan usus-usus, memperbaiki kinerja pencernaan, membersihkan tubuh dari sisa-sisa dan endapan makanan, mengurangi kegemukan dan kelebihan lemak diperut.

5) Penghentian konsumsi air selama puasa sangat efektif meningkatkan konsentrasi urine dalam ginjal Air dalam keadaan tertentu hal ini akan memberikan perlindungan terhadap fungsi ginjal. Kekurangan air dalam puasa ternyata dapat meminimalkan volume air dalam darah. Kondisi ini dapat memacu kinerja mekanisme local pengatur pembuluh darah dan menambah prostaglandin yang pada akhirnya memacu fungsi dan kerja sel darah merah.
6) Dalam keadaan puasa ternyata dapat meningkatkan system kekebalan tubuh.
7) Manfaat lain yang lebih jauh adalah pengaruh puasa pada membaiknya penderita radang persendian (encok) atau rematoid arthritis. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat kolerasi antara membaiknya radang sendi dan peningkatan kemampuan sel penetral dalam membasmi bakteri.
8) Ternyata dengan puasa sekitar 65% terdapat perbaikan kondisi mental yang bermakna. Berbagai penelitian lainnya menunjukkan ternyata puasa ramadhan juga mengurangi resiko komplikasi kegemukan, melindungi tubuh dari batu ginjal, meredam gejolak seksual kalangan muda dan penyakit lainnnya yang masih banyak lagi.
9) Termasuk manfaat puasa adalah mempersempit jalan aliran darah yang merupakan jalan setan pada diri anak Adam. Karena setan masuk pada anak Adam melalui jalan aliran darah. Dengan berpuasa maka dia aman dari gangguan setan, kekuatan nafsu syahwat dan kemarahan. Karena itu Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam menjadikan puasa sebagai benteng untuk menghalangi nafsu syahwat nikah.
10) Didalam otak kita ada sel yang disebut dengan “neuroglial cell” fungsinya adalah sebagai pembersih dan penyehat otak. Saat berpuasa sel-sel neuron yang mati atau sakit, akan “dimakan” oleh sel-sel neuroglial ini.
11) Secara signifikan bisa melindungi otak dari penyakit de-generatif seperti Alzheimer atau Parkison.  Hasil menunjukkan bahwa diet dengan membatasi masukan kalori 30% sampai 50% dari tingkat normal, berdampak pada menurunnya denyut jantung dan tekanan darah dan sekaligus peremajaan sel-sel otak.

Demikinalah pembahasan mengenai manfaat ibadah puasa. Bila ada kesalahan itu dari saya sendiri dan apbila ada kelibihan semata-mata hanya dari Allah


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments