March 3, 2018

Sebaik-baik Manusia Adalah yang Bisa Bermanfaat Bagi Orang Lain

Menjadi pribadi yang bermanfaat adalah salah satu karakter yang harus dimiliki oleh seorang Muslim. Seorang Muslim lebih diperintahkan untuk memberikan manfaat bagi orang lain, bukan hanya mencari manfaat dari orang atau memanfaatkan orang lain. Ini adalah bagian dari implementasi konsep Islam yang penuh cinta, yaitu memberi. Selain itu, manfaat kita memberikan manfaatkan kepada orang lain, semuanya akan kembali untuk kebaikan diri kita sendiri.

 خيرالناس انفعهم للناس
Artinya : “Sebaik-baik manusia adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain.”

Cara agar menjadi orang yang bermanfaat adalah dengan niat dalam diri kita sendiri dengan kuat, karena segala sesuatu itu diawali dengan niat, Termasuk untuk melakukan hal-hal yang akan bermanfaat bagi orang lain. Tanpa niat yang kuat, keinginan dalam diri kita akan tetap menjadi angan-angan. Ketika niat sudah terucap, maka akan muncul kemauan yang besar. Kemauan itu biasanya diimbuhi dengan tekad untuk bisa memberi manfaat kepada orang lain.
Tidak peduli dengan kondisi kita saat ini.
Jika kita punya harta, gunakan harta tersebut sebagai sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain. Tidak punya harta tapi punya ilmu? Tidak masalah, ilmu yang kita punya, kita bisa mengamalkan kepada orang lain yang membutuhkan. Bagaimana jika hanya punya tenaga? No problem, selama tenaga kita bisa digunakan untuk memberi manfaat bagi orang lain kenapa tidak.

Semuanya bisa dilakukan ketika kita sudah punya niat yang kuat dan ikhlas. Satu hal yang tidak boleh terlewatkan ketika kita sudah punya niat untuk menjadikan diri kita bermanfaat bagi orang lain adalah segera melakukannya. Jangan menunda niat yang sudah muncul.

Menunda hanya akan membuat kita merasa berat untuk melakukannya. Jangan juga pernah merasa dirugikan ketika kita sudah mulai menebar manfaat. Lakukan semuanya tanpa pamrih. Karena sesuatu yang dilakukan dengan tidak ikhlas justru akan mengurangi nilai dari kebaikan dan manfaat yang kita lakukan.

Demikinalah sedikit artikel mengenai sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain, dan semoga membuat motifasi bagi para pembaca..Amien


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon