Hukum shalat tarawih super cepat

Hukum shalat tarawih super cepat

Shalat tarawih adalah shalat sunah yang dilakukan selama bulan ramadhan, dan waktunya adalah setelah shalat isya sampi sebelum terbitnya fajar sadiq. Mengenai bilangan shalat tarawih sendiri ada yang melakukanya 20 rakaat da nada pula yang 8 rakaat, tergantung aliran masing-masing yang dianut oleh orang tersebut. Tetapi disini saya tidak membahas bilangan rakaat shalat tarawih. Akan tetapi sya akan sedikit membahas mengenai hukum shalat tarawih super cepat dan umumnya banyak dilakukan khususnya di Indonesia.


Lalu bagaimana hukumnya shalat tarawih yang dilakukan dengan super cepat??

Kesalahan :

Umumnya di Negara Indonesia banyak yang melakukan shalat tarawih dengan super cepat dan kilat, sehingga mereka seakan-akan meninggalkan kewajiban-kewajiban yang seharusnya dilakukan dalam shalat, sebagaimana wajib tartil dalam bacaan al-fatihah, ditinggalnya tuma’ninah, padahal cara shalat dengan model sperti ini tidak sah hukumnya dan termasuk bid’ah sayyiah.

Hukum yang benar :

Lakukanlah shalat tarawih seperti biasanya anda melakukan shalat wajib, namun jika ingin menghendaki shalat yang lebih atau super cepat, maka jangan sampai meninggalakan kewajiban-kewajiban yang harus semestinya dilakukan dalam shalat. Dan jika anda ma’mum dengan imam yang yang shalatnya super cepat, maka akan lebih baiknya lagi dilkukan sendiri (tidak berjama’ah).
Keterangan lain dalam kitab At-Thufah bahwa shalat sendirian didalam shalat tarawih dalam keadaan tersebut itu lebih utama dari pada shalat dengan cara berjamaah dengan gerakan yang super cepat, dan apabila seorang ma’mum menyakini atau punya asumsi yang kuat bahwa imamnya tidak menyempurnakan rukun-rukun dalam shalat, seperti tuma’ninah, maka berma’mum dengan imam yang seperti itu tidak dihukumi sah sama sekali. Dan diperbolehkan untuk memisah diantara beberapa rakaat shalat tarawih atau witir dengan shalat sunah yang lain, karena hal tersebut tidak dikatakan sebagai memutus shalat, hanya saja hal yang demikian itu hukumnya menyalai yang lebih utama.

Cukup sekian mengenai pembahasan hukum shalat tarawih super cepat dan semoga bermanfaat.


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments