June 5, 2018

Bolehkah Orang yang Berqurban Memakan Daging Hewan Qurbanya??

Kurban dalam Islam di sebut juga "Udhiyah" yang artinya yaitu hewan sembelihan. Kurban sendiri adalah menyembelih hewan ternak seperti sapi, unta, kambing, kerbau dengan niat untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt, yang mana pelaksanaanya yaitu pada hari raya qurban dan hari tasyrik tepatnya yaitu pada tanggal 10,11,12 dan 13 bulan Dzulhijah.

Kurban atau udhiyah sendiri memiliki manfaat yang sangat besar bagi yang mau menjalankan dan besar pula pahala yang akan di terima bagi mereka yang mau melaksanakannya. Udhiyah (kurban) pertama kali di lakukan yaitu oleh Nabi Ibrahim As, yang mana beliau bermimpi di suruh Allah Swt untuk menyembelih anaknya yang bernama Nabi Ismail, dengan keteguhan iman yang di miliki oelh Nabi Ibrahim beliau pun melaksanakn mimpinya tersebut dan setelah di laksanakn Nabi Ismail pun di ganti oleh Allah menjadi seekor kambing. Syariatkan yaitu pada tahun kedua Hijriyah bersamaan dengan bersamaan dengan syariat zakat, sholat idul fitri dan idul adha


Memakan daging qurbanya sendiri

Dianjurkan bagi orang yang berqurban memakan hewan qurbanya. Bahkan ada sebagian ulama yang mengatakan bahwa orang yang berqurban wajib memakan bagian qurbanya. Hal ini berdasarkan firman Allah :
فَكُلُواْ مِنْهَا وَأَطْعِمُواْ الْبَآئِسَ الْفَقِيرَ

Yang artinya : “Makanlah darinya dan berikan kepada orang yang sangat membutuhkan.” (Qs. Al-Haj: 28)

Akan tetapi qurban yang dimaksud adalah ketikan qurban tersebut adalah qurban yang sunah. Sebaliknya jika kurban yang dilakukan adalah kurban wajib atau biasa disebut qurban nadzar maka bagi orang yang berqurban, istrinya dan juga anak-anaknya tidak diperkenankan untuk memakan daging hewan qurbannya, dan apabila ia memakan daging hewan qurbanya, maka baginya wajib mengganti sesuai kadar yang telah ia makan.

Adapun hukum yang benar :

Hendanya setiap orang yang berqurban meneliti dahulu dan lebih berhati-hati dengan hewan qurbannya, jika qurban tersebut adalah qurban yang wajib atau nadzar, maka ia, istri dan anaknya tidak diperbolehkan untuk memakan daging hewan qurbanya.

Demikianlah mengenai pembahasan bolehkah orang yang berkurban memakan daging qurbanya. Semoga bermanfaat dan menjadi sebuah wawasan bagi kita yang masih awam.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon