Dasar Hukum Zakat Menurut Quran dan Hadits

Dasar Hukum Zakat Menurut Quran dan Hadits

Zakat merupakan bentuk ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Islam, zakat sendiri  adalah rukun Islam yang ke tiga setelah shalat. jika ditinjau dari segi bahasa, kata zakat merupakan bentuk masdar dari "zaka" yang berati bersih, berkah, tumbuh dan baik. sedangkan menurut istilah zakat sendiri bisa membersihkan bagi pelakunya dari dosa dan menunjukan bahwa kebenaran imannya. Dasar hukum zakat sendiri sudah tertuang dalam quran dan hadits.

Adapaun pertama kali disyariatkanya zakat adalah pada tahun kedua hijriyah, dan yang wajib dikeluarkan (dibayar) oleh orang Islam yang memiliki kemampuan dan kecukupan hartanya atau bahkan lebih.  zakat sendiri ada dua macam yaitu zakat mal dan zakat diri (fitrah) yang biasanya dikeluarkan pada akhir bulan ramadhan. diwajibkanya zakat adalah semata-mata hanya untuk kebaikan manusia itu sendiri, yang mana meruoakan sarana untuk mensucikan diri dan menjaga harta, serta sebagai bentuk penghambaan atau rasa syukur kita terhadap apa yang telah Allah berikan kepada kita.


hukum zakat sendiri adalah fardhu ain, artinya kewajiban yang ditetapkan kepada diri masing-masing. dan tidak boleh dibebankan atau diwakilkan kepada orang lain. adapun dalil untuk zakat itu sendiri terdapat pada surat Al-Baqarah ayat 43 :

وَاَقِيۡمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَارۡكَعُوۡا مَعَ الرّٰكِعِيۡنَ

Artinya : "Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku'"

Dan juga terdapat pada surat Al-Haj ayat 41 :
اَ لَّذِيۡنَ اِنۡ مَّكَّنّٰهُمۡ فِى الۡاَرۡضِ اَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتَوُا الزَّكٰوةَ وَاَمَرُوۡا بِالۡمَعۡرُوۡفِ وَنَهَوۡا عَنِ الۡمُنۡكَرِ‌ ؕ وَلِلّٰهِ عَاقِبَةُ الۡاُمُوۡرِ

Artinya : "(yaitu) orang-orang yang jika kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi, niscaya mereka mendirikan shalat, menunaikan zakat, menyuruh berbuat yang ma'ruf dan mencegah dari perbuatan yang mungkar, dan kepada Allah lah kembali segala urusan."

Sedangkan dalm hadits Nabi disebutkan :
بُنِيَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ، وَإِقَامِ الصَّلاَةِ، وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ، وَالْحَجِّ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ. متفق عليه
Artinya : Islam itu ditegakan atas 5 dasar : 1. syahadat La ilaha illallahu wa ana muhammadan rasulullah, 2. Menegakan Shalat, 3. Membayar Zakat, 4. Puasa Ramadhan, 5. Ibadah Haji."
(HR. AHmad dan Muslim)
Itulah bebrapa dasar hukum di anjurkanya atau diwajibkanya untuk menunaikan zakat, semoga setelah mengetahui dsar hukum zakat tersebut bisa menambah iman kita kepada Allah Swt, dan semoga bermanfaat.


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments