Manfaat Asuransi Syariah yang perlu anda ketahui

Manfaat Asuransi Syariah yang perlu anda ketahui

Asuransi memanglah sangat penting dilakukan untuk keluarga, baik itu asuransi pendidikan, kesehatan, pensiunan, kecelakaan dan lain sebagainya. Asuransi sendiri bisa diibaratkan seperti paying yang bisa digunakan pada waktu hujan akan dating. Dan asuransi merupakan sarana pelindung manakala musibah yang tidak kita inginkan menimpa pada diri kita.

Asuransi pada era zaman sekarang sudah banyak dilakukan oleh bank-bank swasta khususnya Negara Indonesia, Islam sendiri  adalah agama paling banyak penganutnya di Indonesia. Hal ini adalah salah satu pengaruh dari pada adanya Asuransi Syariah. Lalu apa sebenarnya manfaat adanya Asuransi Syariah apabila kita ikut serta atau bergabung dalam Asuransi Syariah tersebut?

Asuransi Syariah sendiri pertama kali bersiri yaitu pada tahun 1979, dengan seiringnya waktu banyak orang, khususnya yang beragama Islam memilih bank syariah dari pada bank konvensional, yang terkadang bank konvensional tersebut bersifat merugikan. Asuransi Syariah sendiri menerapkan sikap untuk saling menanggung resiko dan saling menguntungkan, sehingga akan adanya sikap tanggung jawab tersebut kerugian atau kecurangan yang hanya dialami oleh satu pihak dapat dicegah bersama-sama.
Sistem Asuransi syariah sendiri dalam Islam disebut Tabarru, yang sebelumnya sudah disepakati melalui akad (perjanjian) dengan metode syariah. Tabarru sendiri dalam Islam adalah derma atau sumbangan yang diberikan oleh nasabah atau pemegang polis secara ikhlas dan sifatnya sukarelayang akan dihunakan saat akan mengklaim asuransi di masa depan, lantas apa keuntungan atau menfaat yang akan didapat dalam Asuransi Syariah ini.
Berikut ini manfaat yang akan dudapat oleh semua nasabah asuransi :

1.    Dana Asuransi tidak akan hangus
Bagi anda yang selama ini mengkhawatirkan dana tidak dapat diklaim, namun dalam aAsuransi Syariah ini akan terjadi, karena dalam Asuransi Syariah menjamin dana nasabah, dan akan mendapatkan dana yang sudah dikumpulkan tersebut, karena pada dasarnya sistem atau konsep pada Asuransi Syariah sendiri adalah penitipan yang akan dikembalikan.

2.    Hasil investasi yang besar
Dalam Asuransi Syariah, orang yang melakukan investasi atau istilah dalam Islam yaitu mudharabahah. Dan jika anda mengalokasikan dana tersebut untuk investasi, maka dana yang kan anda dapatkan sangtlah besar, bahkan jumlahnya menandingi bunga deposito dalam waktu dan jumlah uang yang sama.

3.    Tingginya pembagian nisbah
Dalam bank konvensional sering kali sistem pembagian yang dilakukan oleh jasa asuransi tersebut sangat sedikit, sehingga dalam hal ini nasabah akan dirugikan. Akan tetapi dlam Asuransi Syariah sistem pembagianya sangatlah jelas, semua nasabah akan mendapatkan yaitu sebesar 70% sedangkan pihak asuransi akan mendapatkan 30%.

4.    Perlindungan yang tetap berjalan
Sangat berbeda sekali dengan bank konvensional yang enggan atau bahkan tidak terhadap pemegang polis yang tidak membayar atau mangkir saat tidak membayar premi. Akan teta[I dalam asuransi syariah akan mendapatkan perlindungan secara penuh.

Itulah beberapa manfaat Asuransi Syariah yang bisa nda dapatkan, semoga bermanfaat, dan apabila ada kritik dan saran bisa berkomentar pada link dibawah.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments