Manfaat Istiqomah Sedekah Setiap Hari Bagi Diri Sendiri

Manfaat Istiqomah Sedekah Setiap Hari Bagi Diri Sendiri


Sodaqoh, atau kebanyakan orang menyebutnya sedekah memang benar-benar memiliki banyak manfaat bagi diri sendiri maupun bagi orang lain, diantara manfaat sedekah adalah bisa menghapus dosa, mensucikan harta, dan juga bisa meningkatkan hubungan sosial bagi sesama manusia. Adapun bentuk sedekah sendiri tidak hanyak berbentuk materi atau harta saja, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bersedekah, misal sedekah tenaga, sedekah fikiran dan masih banyak sedekah-sedekah yang lain, jika kita niati semua perbuatan dengan bersedekah, maka semua perbuatan tersebut akan dihitung atau dicatat oleh Allah juga dengan bentuk sedekah.

Sebenarnya rahasia sedekah  setiap hari adalah istiqamah, pertanyaanya mengapa harus dengan istiqamah?? karena dengan istiqamah akan bisa memberikan kebiasaan yang akan menjadi budaya diri kita sendiri. Dengan begitu kita tidak akan pernah lupa untuk sedekah setiap harinya. Berbeda jika sedekah itu belum menjadi sebuah kebiasaan, oleh katrena itu istiqamah adalah sebuah rahasia sedekah setiap hari.

Dan inilah beberapa manfaat jika anda bisa melakukan atau istiqamah bersedekah setiap hari :

1. Sedekah Membuka Pintu Rezeki

Rasulullah bersabda dalam haditsnya yang diriwatatkan oleh Imam Baihaq, "Turunkanlah, (datangkanlah) rizkimu (dari Allah) dengan cara mengeluarkan sedekah." 

Intinya dengan kita gemar bersedekah maka Allah Swt akan membukakan pintu sedekah dari berbagai jalan atau arah yang tidak akan disangka oleh kita.

2. Sedekah Bisa Melipatgandakan Rezeki

Allah SWT berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 261, "Perumpamaan, orang yang menafkahkan hartanya dijalan Allah, adalah serupa dengan seputir benih, yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang ia kehendaki. Dan Allah maha luas (karunia-nya) lagi maha mengetahui."

Baca juga Apa sih Arti Islam sebenarnya itu??

3.  Allah Mengganti Harta Yang di Sedekahkan

Diantara kita banyak yang takut ketika sedekah akan jatuh miskin, padahal Allah sendiri sudah berjabji akan melipatgandakan bagi orang yang gemar bersedekah. Allah Swt berfirman dalam surat Sabaayat 39 bahwa Allah akan mengganti sedekah yang kita keluarkan, "Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka allah akan menggantinya dan dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya."

4. Menolak Balak/Musibah

Dengan kita gemar bersedekah tidak ada yang tidak mungkin Allah akan menolakan balak/musibah kepada orang yang gemar bersedekah, hal ini sudah banyak orang yang merasakanya. Dan tips dari saya ketika anda ingin bepergian tidak sungkan-sungkan untuk selalu bersedekah ketika di jalan.

5. Memanjangkan Umur

Yang terakhir dengan kita sering bersedekah maaka Allah Swt akan selalu melindungi atau bahkan memperpanjangkan umurnya.

Sebenarnya masih banyak manfaat sedekah setiap hari bagi kita, namun hanya itu yang bisa saya sampaikan, dan setelah mengatahui akan banyaknya manfaat sedekah, maka umat Islam sendiri sangat dianjurkan untuk bersedekah. Dan semoga bermanfaat 
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments