July 16, 2018

Pengertian Asuransi Syariah dan prinsipnya

Pengertian Asuransi Syariah berdasarkan (Majelis Ulama Indonesia) MUI, adalah usaha untuk saling melindungi dan tolong menolong diantara nasabah yang ikut investasi dalam bentuk atau tabarru' yang dimana bisa memberikan manfaat ketika ada resiko atau masalah tertentu melalui perjanjian atau akad yang sesui dengan hukum syariah.

Dalam Asuransi Syariah, peranan dari perusahaan sendiri adalah hanya sebatas pengelolaan operasional dan investasi saja. Di Negara Indonesia sendiri dimana Asuransi Syariah sudah tersebar berbagai macam Asuransi Syariah, seperti Asuransi jiwa dan kesehatan yang sudah bisa didapatkan oleh para masyarakat melalui perusahaan-perusahaan Asuransi swasta.

Asuransi Syariah sendiri adalah sebuah metode atau cara dan para nasabah yang ikut mendonasikan seluruh atau sebagian premi yang telah mereka bayarkan dan digunakan untuk membayar klaim atas musibah yang telah diajukan oleh sebagian dari peserta lain ketika mendapat masalah atau musibah.

Asuransi sendiri secara umum dapat diartikan sebagai pertanggungan terjemahan dari insurance, semua itu karena timbul dari kebutuhan manusia. Asuransi merupakan sebuah perjanjian dua belah pihak atau lebih, dimana pihak yang penanggung mengikatkan diri kepada pihak yang tertanggung, dengan menerima premi Asuransi, untuk memberikan penggantian kepada pihak penanaggung karena adanya kerugian, kerusakan atau bahkan kehilangan.

Pada hakikatnya Asuransi adalah suatu kemauan untuk menetapkan kerugian-kerugian kecil sebagai pengganti kerugian yang besar . Dilihat dari sudut pandang segi ekonomi, hukum, bisnis, dan sossial menjelaskan bahwa Asuransi konvensional adalah pengalihan resiko dari pihak yang bertanggung jawab kepada pihak tertanggung kepada penanggung atau kata lain adalah transfer risk. Hal ini sanagt berbeda dengan Asuransi Syariah dimana resiko yang terjadi ditanggung bersama , atau kata lain dengan menggunakan konsep berbagi resiko antara pihak tertanggung dan pihak penaggung.
Asuransi Syariah adalah salah satu lembaga perusahaan di bidang keuangan non bank yang melakukan transakasi bisnis secara sistem operasional yang berdasarkan syariah Islam.

Demikianlah pengertian Asuransi syariah yang dapat saya utarakan, dan apabila ada kesalahan dalam pembahasan mengenai Asuransi syariah mohon maaf, dan apabila ada yang ingin ditanyakan bisa berkomentar di link di bawah ini. Semoga bermanfaat

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon