August 30, 2018

10 Sunah Wudhu yang Perlu Anda Ketahui Beserta Penjelasanya

Dalam suatu ibadah mahdah (ibadah yang sudah di tentukan syariat dan rukunnya) pasti ada perkara-perkara tertentu yang merupakan syarat rukun dan sunnah, dan syarat dan rukun sendiri wajib ada pelaksanaanya dalam ibadah suatu ibadah tersebut. Apabila salah satu syarat dalam suatu ibadah tersebut tidak terpenuhi maka akan mejadikan ibadah tersebut menjadi tidak sah. Sedangkan sunnah sendiri fungsinya adalah sebagai penyempurna ibadah tidak menentukan sah atau tidaknya suatu ibadah.
Selain mengetahui syarat dan fardhu wudhu, dalam wudhu juga ada sunah wudhu yang perlu anda ketahui dan anda lakukan agar mendapat kesempurnaan dalam berwudhu sekaligus menjalankan sunah Nabi muhammad SAW.

Dalam kitab At Taqrib karya Abu Suja Al Asfihani beliau menjelaskan ada 10 perkara sunnah dalam berwudhu.

وسننه عشرة أشياء: التسمية وغسل الكفين قبل إدخالهما الإناء والمضمضة والاستنشاق ومسح الأذنين ظاهرهما وباطنهما بماء جديد وتخليل اللحية الكثة وتخليل أصابع اليدين والرجلين وتقديم اليمنى على اليسرى والطهارة ثلاثا ثلاثا والموالاة
Artinya :
"Ada 10 sunnah dalam berwudhu, yaitu membaca basmalah, membasuk kedua telapak tangan sebelum memasukan ke dalam tempat air, berkumur, menghirup air ke dalam hidung, mengusap bagian dalam dan luar pada telinga dengan air yang bar, menyela-nyela rambut jenggot yang tebal, menyela-nyela jari tangan dan kaki, mendahulukan anggota badab yang kanan dari pada yang kiri, tiga kali basuhan dan berurutan."

Ada banyak sunah wudhu yang jarang di ketahui oleh seseorang selain dari doa yang biasa dilakukan seperti berkumur, membasuh telinga dan membasuh hidung. Itu semua perbuatan sunah namun sudah biasa dilakukan orang ketika berwudhu.

Adapun ke 10 sunnah dalam wudhu adalah sebagai berikut :

1. Membaca basmallah

Membaca basmalah ketika berwudhu adalah salah satu sunah yang sangat dianjurkan, bahkan imam Hambali mewajibkan untuk membaca basamalah ketika berwudhu. Namun kebanyakn ulama fiqih menganggap bahwa membaca basmalah adalah perbuatan sunah.

2. Membasuh dua telapak tangan

Rasulullah SAW bersabda :
"Jika salah satu diantara kalaian terjaga dari tempat tidurnya, hendaknya dia mencuci kedua tangan nya sebelum memasukan ke dalam bejana (tempat air) sebab seseorang diantara kalian tidak ada yang tahu dimana letak tangnya saat anda tidur"

Adapaun maksud hadist nabi diatas adalah dianjurkan untuk membersihkan kedua telapak tangan ke dalam bejana (tempat air.


3. Menyela-nyela Rambut Jenggot

Menyela-nyela rambut jenggot yang tebal juga termasuk ke dalam sunnah wudhu. Hal ini di lakukan dengan cara memasukan jari-jari ke bagian bawah jenggot.


4. Berkumur, Instinsyaq, Istinsar

Berkumur sendiri adalah memasukan air ke dalam mulut sedangkan intinsyaq memasukan air ke dalam hidung, Intinsar adalah menyemprotkan kembali air yang ada di dalam hidung.

Dan barang siapa yang ketika sedang berwudhu berkumur, intinsyaq, dan intinsyar maka dosa-dosanya akan gugur sebagaimana tetesan air yang jatuh ke bumi.

5. Mendahulukan anggota yang kanan

Mendahulukan anggota yang kanan juga termasuk salah satu sunah ketika berwudhu, karena Rasulullah sendiri ketika melakukan sesuatu juga dengan tangan kanan terlebih dahulu.

6. Menyela-nyela jari tangan dan kaki

Abdullah bin zaid menuturkan "Ketika berwudhu, Rasulullah SAW menyela-nyela tanganya ketika berwudhu seraya berkata, seperti inilah cara menyela jari tanganmu" (HR Ahmad)

7. Mengulang-ulang basuhan selama tiga kali

Hal ini sesuai teladan yang sering dilakukan oleh Rasulullah, beliau selalu mengulang sebanyak tiga kali.

8. Mengusap bagian telinga luar dan dalam

Andullah bin zaid mengatakan "Aku melihat Rasulullah SAW ketika berwudhu, beliau mengusap kedua daun telinganya dengan air baru yang berbeda dengan air yang digunakan untuk mengusap kepalanya". (HR Hakim dan Baihaqi)

9. Mengusap kepala satu kali

Hal ini juga merupakan sunah ketika berwudhu, hal ini juga pernah dilakukan oleh sahabat Ali bin abi thalib ra, dan barang siapa yang ingin meniru segala perbuatan yang dilakukan Rasulullah maka tirulah sahabat Ali bin abi thalib.

10. Berdoa ketika setelah selesai berwudhu

Yang terakhir ini adalah berdoa ketika sudah selesai berwudhu, adapun doanya adalah sebagai berikut :

اَشْهَدُ اَنْ لآّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Artinya :
"Aku mengaku bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci (sholeh)"

Nah itulah 10 kesunahan wudhu yang perlu anda ketahui selain yang sudah biasa anda lakukan, akan lebih sempurna jika anda tidak hanya mengetahui saja akan tetapi juga dilakukan.

Tambahan :

Bersiwak

Memakai siwak atau benda yang lainya yang memiliki tekstur yang kasar, seperti sikat gigi juga merupakan sunah ketika berwudhu. Sebagaimana hadist Rasulullah SAW :
"Anda tidak menjadikan beban berat bagi umatku, niscaya akau perintahkan kepada mereka bersiwak ketika sberwudhu" (HR Hakim, Malik, Syafi'i dan Baihaki).




Artikel Terkait


EmoticonEmoticon