August 27, 2018

11 Hal yang Harus di Jaga! yang Bisa Membatalkan Sholat

Assalamualikum warahmatullahi wabarakatuh

Sahabat muslim yang dimuliakan Allah. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi mengenai  hal-hal yang bisa membatalkan shalat. Shalat sendiri dalam agamai Islam merupakan rukun islam yang ke dua stelah syahadat, shalat merupakan tolak ukur keimanan seseorang. Jika shalatnya baik maka semua amalnya pun akan baik dan sebaliknya jika shalatnya tidak baik maka amal yang lain pun tidak baik. Dan besok pada hari akhir yang akan ditanyakan Allah yang pertama kali adalah shalat.

Umat islam yang sudah baligh hukumnya wajib untuk mengerjakan shalat fardhu yang jumlahnya ada 5 yaitu isya, subuh, dhuhur, asar, dan maghrib, dan barang siapa yang tidak mengerjakan shalat maka akan mendapatkan dosa. Untuk itu kita sebagai umat islam harus mempelajari tata cara shalat yang baik dan benar, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan shalat yaitu syarat sah shalat, rukun shalat dan syarat wajib shalat.

Seorang yang mau mendirikan sholat berati dia menegakan agama sebaliknay jika seseorang meninggalkan sholat berati dia telah meruntuhkan agama. Sebagai mana dalam sebuah hadist Rasulullah Saw.
الصلاة عماد الدين, فمن اقامها فقد اقام الدين ومن هدمها فقد هدم الدين
Artinya :
"Sholat itu tiang agama (Islam), maka barang siapa mendirikanya maka sungguh ia telah mendirikan agama (Islam) itu, dan barang siapa yang telah merobohkanya maka ia telah merobohkan agama (Islam) itu."

Hal itu agar ketika kita menjalankan shalat atau ibadah yang lain bisa diterima Allah SWT. Adapaun hal-hal yang membatalkan shalat diantaranya adalah :

1. Behadast besar maupun kecil

Bersih dari hadast besar maupun kecil adalah termasuk syarat sah shalat, maka ketika dalam keadaan shalat kita membawa hadst besar maupun hadst kecil atau perkara yang keluar dari qubul dan dubur maka shalat kita tidak akan sah. Sebagaimana hadist rasulullah :

قَالَ رَسُـوْ لُ الـلّـــهِ صَــلَّى الـلّـــهُ عَـلَــيْـهِ وَسَــلَّـمَ : لاَ يـَــقْــبَــلُ الـلّــــهُ صَـلاَ ةَ أَحَـدِكُـمْ إِذا أَحْـدَ ثَ حَــتَّى يَــتَــوَ ضَّــأَ ، فَــقَالَ رَجُـلٌ مِنْ حَـضْرَ مَـوْ تَ : مَاالْحَـدَثَ يـآ اَ بـَـاهُرَ يْـرَ ةَ ؟ قَالَ: فَسَاءٌ أَوْضُرَ اطٌ
Artinya :
"Allah tidak akan menerima shalat seorang dari kamu. jika ia berhadast, sehingga is berwudhu. maka berkatalah seorang laki-laki dari hadramaut. "Apa maksud hadast itu ya Abu hurairah? "Buang angin atau buang air besar ujarnya" (HR Bukhari Muslim)

2. Berkata dengan sengaja selain bacaan dalam shalat

Ketika kita sedang mengerjakan shalat kita dilarang untuk berbicara selain bacaan dalam shalat, dan jika kita berbicara dengan senagaja maka shalatnya tidak sah.

3. Terbukanya aurat

Shalat harus dikerjakan dengan menutup aurat, karena ini merupakan syarat sah nya shalat, baik itu bagi laki-laki mauoun bagi perempuan. adapun auratnya laki-laki yaitu mulai dari pusar sampai lutut, sedangkan aurat perempuan semua anggota badan kecuali wajah dan telapak tangan.

4. Bergerak berturut-turut (lebih dari 3 kali)

Misalnya dalam keadaan shalat ada anggota badan yang gatal dan kita menggaruknya lebih dari tiga kali maka shalatnya tidak sah, akan tetapi kalu kurang dari tiga kali dan cara menggaruknya dengan menggunkan satu jari maka shalatnya tidak batal.

5. Terkena najis

Menjaga pakaian dan tempat shalat terhindar dari najis juga merupakan syarat shalat, dan apabila dalam keadaan shalagt kita terkena najis, baik itu pakaian atupun tempatnya maka shalatnya tidak sah.

6. Makan dan minum dengan sengaja

Makan dan minum juga merupakan salah satu perkara yang menjadikan batalnya shalat, maka ketika kita dalam keadaan shalat sengaja makan atau minum maka shaltnya pun tidak akan sah.

7. Tidak menghadap kiblat

Ibadah shalat harus dilakukan dengan menghadap kiblat, maka jika dilakukan tidak menghadap kibalay maka shalatnya pun tidak akan sah.

8. Mengubah niat

Niat sendiri merupakan hal yang dilakukan pertama kali saat shalat, dan jika dalam shalat tidak niat maka shalatnya tidak sah. Shalat kita bisa menjadi batal jika dalam keadaan shalat kita mengubah niat atau memutus ibadah shalat.

9. Menambah atau mengurangi rukun dengan sengaja

Adapun hal yang membatalkan shalat yang selanjutnya adalah menambha atau mengurangi rukun dengan sengaja. Ketika dalam keadaan shalat kita senagja mengurangi atau menambah rakaat shalat maka shalatnya pun tidak sah, terkecuali jika benar-benar lupa rakaatnya.

10. Tertawa berbahak-bahak

Sahalat harus dilakukan dengan benar-benar khusu' agar sahalat kita diterima Allah SWT. Apabila dalam keadaan shalat kita tertawa berbahak-bahak maka shalatnya langsung batal.

11. Tidak memenuhi syarat wajin shalat

Syarat wajib shalat antara lain yaitu berakal sehat dan beragama Islam. Jika ditengah-tengah shalat kita murtad atau keluar dari agama islam maka shalatnya tidak sah, hal ini jarang terjadi. Hanya berlaku misal dalam shalat kita tiba-tiba menjadi gila maka shalatnya tidak sah.

Nah itulah beberapa hal-hal yang bisa membatalkan shalat yang harus diketahui oleh umat islam agar ketika dalam menjalankan shalat bisa dieterima oleh Allah SWT. Dan apabila kita melakukan slah satu hal diatas maka shalat kita tidaj sah dan harus diulangi lagi.

Waalkumsalam warahmatullahi wabrakatuh. Semoga bermanfaat

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon