Hikmah nikah bagi pasangan suami istri

Hikmah nikah bagi pasangan suami istri

Pernikahan secara bahasa adalah berkumpul atau bercampur, sedangakan menurut syara atau istilah adalah ijab dan qabul (aqad) yang dapat menghalalkan persetubuhan antara laki-laki dan perempuan dan diucapkan oleh kata-kata yangmenunjukan nikah, sesuai yang telah ditentukan oleh syariat agama Islam. Pernikahan sendiri merupakan bentuk ibadah sunah yang telah dianjurkan oleh Rasulullah Saw, akan tetapi bila tidak dilakukan tidak mendapat dosa, akan tetapi dimakruhkan karena tidak melaksanakan sunah nabi.

Arti pernikah disini adalah bersatunya dua insan manusia dengan bentuk jebis yang berbeda yaitu laki-laki dan perempuan yang menjalin suatu ikatan dengan akad (perjanjian). Suatu pernikahan sendiri memiliki tujuan yaitu terbentuknya suatu keluarga yang sakibah mawadah dan warahmah sertan ingin mempunyai keturunan yang salih maupun salihah, dan keturunan inilah yang selalu didambakan oleh setiap pasangan suami istri karena ini merupakan buah hati atau keturunan dari kedua orang tuanya.

Pernikahan sendiri akan mejadikan proses keberlangsungan hidup manusia di dunia ini,  selain menghubungkan atau penyalur nafsu birahi melalui hubungan suami istri dan menghindari godaan syetan yang mejerumuskan. 

Setiap perbuatan pasti ada hikmahnya, lalu apa sih hikmah yang di dapat setelah melakukan pernikahan?. Dan inilah bebrapa hikmah pernikahan yang perlu anda ketahui.

Allah SWT berfirman dalam surat Ar-rum ayat 21 :

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
Artinya :
"Dan diantara tanda-tanda kekuasaanya Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderungdan merasa tentram kepadanya, dan dijadikan diantara kamu rasa kasih sayang. dan sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir." 

Hikmah nikah :
1. Sebagai wadah birahi manusia

Allah menciptakan manusia dengan menyisipkan nafsu birahi, dan nafsu birahi sendiri ada kalanya positif dan juga negatif. Manusia yang tidak bisa mengendalikan hawa nafsu dengan sebaik mungkin, maka manusia tersebut akan terjerumus ke dalam hawa nafsu yang terlarang. Dan dengan pernikahan merupakan sarana yang tepat untuk menyalurkan hawa nafsu kepada psangannya.

2. Meneguhkan akhlak terpuji

Akhlak dalam Islam sendiri merupakan hal yang sangat penting, karena ketika manusia tidak mempunyai akhlak maka itu merupakan suatu kehancuran bagi dirinya sendiri maupun kelurga. Dan dengan jalan menikah ini bertujuan untuk memperbaiki segala tingkah laku yang akan kita lakukan, dan ketika akhlak itu merosot maka antara pasangan suami istri untuk saling mengingtkan.

3. Memotivasi semangat untuk beribadah

Tujuan Allah Swt menciptakan manusia adalah untuk berubadah kepadanya. Dengan menikah diharapkan bisa memberikan nasihat untuk menunaikan hak-hak yang telah ditetapkan oleh Allah dan rasulnya. Dalam hal biologispun antara laki-laki dan perempuan dengan ikatan pernikahan terhitung sebagai bentuk ibadah.

4. Membangun rumah tangga islami

Tujuan pernikahan sendiri adalah terbentuknya hubungan yang sakinah mawadah dan warahmah, dalam hubungan berumah tangga atau setelah menikah terkadang pasti tidak akan semulus sesuai apa yang kita inginkan, akan tetapi ada kalanya ditimpa musibah. Untuk melalui cobaan ini kita harus melatih sebisa mungkin untuk bersikap sabar dan syukur dalam mengahadapi berbagai cobaan yang diberikan oleh Allah Swt. Dan apabila pasangan suami istri sudah dikarunia anak maka harus mendidiknya dengan cara yang Islami sesuai ajaran agama Islam.

5. Melahirkan keturunan yang baik

Adapaun hikmah menikah yang kelima ini adalah agar bisa melahirkan keturunan yang salih salihah, berkualitas iman dan taqwanya kepada Allah dan juga cerdas dalam hal spiritual maupun intelektual. Dengan menikah maka orang tua berkewajiban untuk mendidik anaknya utuk menjadi insan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah serta bisa bermanfaat bagi orang lain. Tanpa pendidikan yang baik tentu tidak akan menghasilakn keturunan yang baik pula.

Dari kelima hikmah menikah diatas tadi adalah satu kesatuan aspek dibalik bentuk pernikahan, sebelum kita menikah alangkah baiknya kita pertimbangkan dan musyawarahkan kepada keluarga apakah sudah pas atau belum pilihan kita masing-masing. Karena pernikahan adalah suatu bentuk yang sakral dan sebisa mungkin dilakukan sekali seumur hidup.

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments