August 23, 2018

Ingat !! Mati Tidak Bawa Apa-Apa Selain 3 Amal Jariyah Ini

 إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ
Artinya :
"Jika seseorang meninggal dunia makaterputuslah semua amalnya, keculai 3 amal jariyah yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang soleh". (HR Muslim No 1631)

Adapun faedah dari hadis diatas adalah :

Pertama : Jika manusia itu mati, maka amalnya kan terputus, maka dari itu sebagai seorang muslim kita harus kita harus memperbanyak amal soleh sebelum ia meninggal.

Kedua : Ilmu yang bermanfaat, maksutnya jika di dunia kita mau mengamalkan ilmu yang kita ketahui maka kelak diakhirat nanti amal tersebut akan terus mengalir.

Ketiga : Yang ketiga ini adalah anak yang soleh, anak soleh merupakan salah satu amal yang tidak akan terputusnya walaupun orang tersebut sudah meninggal.

Allah akan membalas semua perbuatan manusia yang ada di dunia waluapun itu sekecil dzarrah atau debu. Dan setiap perbuatan yang kita lakukan atau suatu kewajiban yang sudah ditetapkan oleh Allah seperti shalat, puasa, zakat amalan sunah yang lain pasti akan di balas oleh Allah besok pada yaumul qiyamah dengan balasan yang berlipat ganda.

Oleh sebab itu agar amal kita akan terus mengalir walaupun kita sudah meninggal. Sedekah jariyah, ilmu bermanfaat, dan anak soleh merupakan 3 amal jariyah yang tidak akan terputus walaupun kita sudah tidak ada, maka agar amal yang kita lakukan tidak akan terputus hendaknya kita berupaya untuk semaksimal mungkin melakukan 3 amal jariyah tersebut.

1. Amal jariyah

Amal jariyah menurut bahasa adalah perbuatan yang baik, sedangkan menurut istilah ulama syara' amal jariyah bisa juga disebut wakaf, yaitu mengamalkan sesuatu yang bisa dimanfaatkan bagi tujuan kemaslahatan sebagai bentuk (taqarub) pendekatan kepada Allah. Tidak hanya wakaf saja banyak cara untuk beramal jariyah, sebagai mana sabda Nabi Muhammad Saw yang di riwayatkan oleh Abu Hurairah berikut ini.

إِنَّ مِمَّا يَلْحَقُ الْمُؤْمِنَ مِنْ عَمَلِهِ وَحَسَنَاتِهِ بَعْدَ مَوْتِهِ عِلْمًا عَلَّمَهُ وَنَشَرَهُ وَوَلَدًا صَالِحًا تَرَكَهُ وَمُصْحَفًا وَرَّثَهُ أَوْ مَسْجِدًا بَنَاهُ أَوْ بَيْتًا لِابْنِ السَّبِيلِ بَنَاهُ أَوْ نَهْرًا أَجْرَاهُ أَوْ صَدَقَةً أَخْرَجَهَا مِنْ مَالِهِ فِي صِحَّتِهِ وَحَيَاتِهِ يَلْحَقُهُ مِنْ بَعْدِ مَوْتِهِ
Artinya :
"Sesungguhnya yang di dapati oleh orang yang beriman dari amalan dan kebaikan yang ia lakukan setelah ia mati adalah :
  • Ilmu yang ia ajarkan dan sebarkan.
  • Anak soleh yang ia tinggalkan.
  • Mushaf Al quran yang ia wariskan.
  • Masjid yang ia bangun.
  • Rumah bagi ibnu sabil (orang yang berjalan di jalan Allah).
  • Suangai yang ia alirkan.
  • Sedekah yang ia kelaurkan dari harta ketika ia masih hidup.
Amal jariyah merupakan amal yang sangat terpuji di sisi Allah antara lain adalah membangun masjid, membangun madrasah, dan amal-amal jariyah yang lainya. Orang-orang yang mau menafkahkan hartanya di jalan Allah dengan pernuh rasa ikhlas maka ia tidak perlu khawatir akan nikmat Allah yang kelak akan diberikan di yaumul qiyamah.

2.Ilmu yang bermanfaat

Menununtut ilmu sendiri hukumnya adalah wajib, dan barang siapa yang mau mencari ilmu atau mengamalkanya maka maka akan dipermudahkan jalan menju syurga. Dan barang siapa mempunyai ilmu tapi tidak mau mengamalkan kepada orang lain maka kelak ilmu tersebut akan di tuntut oleh Allah dan ia termasuk orang-orang yabg rugi, karena mengamalkan imu tidak akan mengurangi kepandain nya akan tetapi dengan mengamalkan ilmu maka ilmunya akan semakin bertambah.

Dan dengan mengamalkan ilmu secara ikhlas tanpa mengharap imbalan apapun, Allah akan mengangkat derajat orang-orang tersebut dan Allah menjanjikan pahala yang tidak akan putus walupun orang tersebut sudah meninggal.

3. Anak yang soleh

Orang tua mempunyai tanggung jawab yang besar dalam hal mendidik anak, apabila didikanya baik maka akan baik pula prilaku anak tersebut, kebalikanya jika didikanya tidak baik maka tidak baik pula prilaku anak tersebut dan akan mendatangkan kerugian bagi orang tua tersebut.

Maka bersyukurlah ketika mempunyai anak yang soleh solehah, karena kelak mereka yang akan mendoakan orang tua ketika orang tua tersebut sudah meninggal, dan doa anak soleh tersebut tidak akan terputus amalnya sampai di akhirat nanti.

Jika kita meninggal dunia membawa 3 perkara tersebut tidak usah khawir lagi kelak Allah akan memberikan pahala yang tidak akan terputus, dan sebaliknya rugilah orang yang meninggal tidak membawa 3 perkara tersebut. Itulah 3 perkara amal jariyah yang amalnya tidak akan terputus sampai yaumul qiyamah.

Itulah 3 amalan yang tidak akan terputus amalnya ketika seseorang sudah meninggal dunia, semoga kita senantiasa bisa untuk mengamlkan ke tiga amalan tersebut. Semoga bermanfaat



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon