August 8, 2018

Macam-Macam Contoh Dosa Besar dan Cara Mengatsinya

Pengertian Dosa

Kata dosa berasal dari bahasa sansekerta, sedangkan dalam Bahasa Arban dosa si sebut adz-dzanbu. Sedangkan secara istilah dosa adalah suatu akibat buruk yang akan diterima oleh manusia dikarenakan tidak menjalankan perintah-perintah yang telah Allah tetapkan, akan tetapi dia malah melanggar perintah-perintah tersebut. Dalam Islam dosa di bagi menjadi dua, yaitu dosa besar dan dosa kecil. Apa perbedaan antara dosa besar dan dosa kecil? dan bagaimana cara mengatasi ketika sudah terlanjur berbuat dosa? mari kita belajar bersama-sama, dan pada artikel ini saya akan sedikit berbagai mengenai macam-macam contoh dosa besar dan cara mengatasinya.

Rasulullah SAW bersabda dalam haditsnya :

"Dosa adalah sesuatu yang bergetar dihatimu (terasa salah) apabila dilakukandan engkau tidak suka apabila hal tersebut diketahui oleh orang lain." (HR Muslim)

Sebelum membahas mengenai macam-macam dosa besar alangkah baiknya mengetahui perbedaan antara dosa besar dan dosa kecil.

1. Dosa kecil  

Dosa kecil adalah dosa yang dilakukan karena mengabaikan perintah dari Allah yang sifatnya tidak termasuk ke dalam dosa besar, baik itu disenagaja maupun tidak. Dosa kecil dapat diampuni Allah apabila pelaku tersebut benar-benar memohon ampun kepada Allah disertai melakukan perbuatan amal baik. Seperti yang diterangkan dalam surat Hud ayat 11, yang artinya :

"Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu bisa menghapus perbuatan yang buruk (dosa kecil)."

2. Dosa Besar

Dosa Besar adalah dosa yang dilakukan dengan senagja, dan pelakunya akan di siksa oleh Allah SWT di dunia maupun kelak diakhirat.

Dosa besar sendiri dibagi menjadi 2 macam, yaitu :

a. Dosa besar yang akan diampuni Allah SWT dan pelakunya benar-benar bertaubat tidak akan melakukanya lagi, dan melakukan ketentuan-ketentuan taubat yang sudah dijelaskan dalam syaruat agama Islam.

b. Dosa besar yang tidak diampuni Allah SWT

Diantara contoh dosa besar adalah sebagai berikut :

1. Syirik

Dalam istilah Ilmu Tauhid syirik sendiri adalah perbuatan menyekutukan allah SWT dengan sesuatu yang lainya, baik itu dalam dzatnya, sifatnya, dan perbuatanya, maupun dalam hal bentuk ketaatan yang seharusnya ditunjukan hanya kepada Allah SWT. Adapun orang yang berprilaku syirik disebut sebagai orang yang munafiq.

Syirik sendiri merupakan salah satu dosa besar yang tidak akan diampuni oleh Allah SWT. Sesuai firman Allah dalam surat An-Nisa ayat 48 :

إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَٰلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ ۚ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدِ افْتَرَىٰ إِثْمًا عَظِيمًا
Artinya :
"Sesungguhnya  Allah tidak akan megampuni dosa syirik, dan dia (Allah) akan mengampuni dosa selain syirik itu, bagi siapa yang dikehendakinya. Dan barang siapa yang menyekutukan Allah maka ia telah berbuat dosa besar."

2. Riba

Riba secara bahasa artinya ziyadah (tambahan), sedangkan menurut istilah riba adalah imbalan yang terjadi karena penangguhan dalam pembayaran yang telah diperjanjikan sebelumnya. Riba sendiri merupakan dosa besar dan hukumnya dosa besar, dan bagi para pelakunya akan mendapat adzab dari Allah baik itu di dunia mapun siksa di akhirat nanti. Sebagaiman firman Allah dalam surat Al-Baqorah ayat 278 :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ اتَّقُواْ اللّهَ وَذَرُواْ مَا بَقِيَ مِنَ الرِّبَا إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ
Artinya :
"Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah, dan tinggalkanlah riba jika kamu orang-orang yang beriman." 

3. Durhaka Kepada Orang Tua
Durhaka kepada orang tua merupakan salah satu dosa besar, adapun contoh perbuatan dosa besar kepada orang tua adalah : membentak, menganiaya, berkata tidak sopan sehingga hal tersebut bisa menyakiti persaan hati orang tua. Dan ketika ada seseorang yang durhaka kepada orang tua maka Allah juga akan durhaka kepada orang tersebut, karena keridhoaan Allah tergantung keridhoan kepada orang tuan dan murka Allah juga tergantung murka kepada orang tua.
Allah SWT juga berfirman dalam surat Al-Isra ayat 23 :

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا
Artinya :
"Dan tuhamnu tlah memrintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia, dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu dan bapamu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dan dalam peliharaanmu, maka sekali-kali jangnlah kamu mengatakan kepada keduanya dengan perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka dengan perkataan yang mulia." 

4. Sihir

Pengertian sihir sendiri menurut Ibnu Muqadamah adalah mantera atau ucapan yang diucapakan atau ditulis, sedangkan menurut Ar-Razi adalah suatu yang tidak terlihat atau samar, terbayang dalam wujud yang bukan sebenarnya dan berlangsung memeutar balikan kenyataan dan tipuan. Para ulama sendiri sepakat bahwasanya sihir merupakan perbuatan dosa besar. Dalam sihir setan ikut didalamnya, setan membisikan dan membantu kepada manusia bahwasanya mereka  memiliki dan mengaku mempunyai kekuatan.

5. Memakan Harta Anak Yatim

Memakan harta anak yatim merupakan salah satu diantara dosa besar, sebagaimana yang terkandung dalam surat An-nisa ayat 10 :

إِنَّ الَّذِينَ يَأْكُلُونَ أَمْوَالَ الْيَتَامَىٰ ظُلْمًا إِنَّمَا يَأْكُلُونَ فِي بُطُونِهِمْ نَارًا ۖ وَسَيَصْلَوْنَ سَعِيرًا
Artinya :
"Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk kedalam api yang menyala-nyala (neraka)." 

Dan barang siapa yang memakan harta anak yatim maka Allah akan melaknat bagi para pelakunya untuk dimasukan ke dalam apai neraka.
6. Zina

Zina adalah suatu perbuatan hubungan badan yang dilakukan bukan dengan suami atau istrinya, atau di luar pernikahan yang sah. Zina termasuk dosa besar, karena akibat buruknya dari zina tersebut sangatlah besar. Zina juga termasuk perbuatan keji  dan beradab yang sangat diharamkan oleh Allah SWT, sebagaimana yang diterangkan dalam Quran surat Al-isra ayat 32 :

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا
Artinya :
"Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk."

Di dalam kandungan surat tersebut menjelaskan bahwa mendekati zina saja tidak boleh apalagi jika melakukanya. Berati semua perbuatan yang mendekati zina juga termasuk dosa besar.

Adapaun cara untuk mengatasi atau menjauhi perbuatan dosa besar tersebut adalah sebagi berikut :

  • Selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  • Percayalah sepenuhnya kepada Allah SWT, dan dialah yang memberikan rezeki dan dialah maha atas segalanya.
  • Selalu menanam rasa cinta dan kasih sayang terhadap sesama.
  • Conalah mendekati ulama, majlis taklim, tempat ibadah dan mendekati orang-orang yang mempunyai ilmu pengetahuan agama yang luas. 
Demikianlah mengenai artikel macam-macam dosa besar dan cara mengatasinya, sebenarnya masih banyak dosa besar yang lain, mungkin akan saya jelaskan pada lain waktu. semoga setelah mengetahui dosa-dosa besar dan dampak buruknya bisa meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. 






 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon