Pengertian Kiamat Menurut Islam

Pengertian Kiamat Menurut Islam

kiamat dalam Islam merupakan salah satu diantara rukun iman, yaitu rukun iman yang ke enam. Dan sebagai umat Islam kita diwajibkan untuk mempercayai akan datangnya hari kiamat. Menurut Islam kiamat adalah hari dimana berakhirnya kehidupan di muka bumi ini dan tak ada satupun yang hidup terkecuali Allah SWT. Akan tetapi sebelum datangnya hari kiamat umat Islam masih dibukakan pintu taubat, dan umat Islam belum dikatakan imanya sempurna jika belum mempercayai akan datangnya hari kiamat nanti.

Di era zaman sekarang banyak orang yang memprediksi kapan datangnya hari kiamat, bahkan banyak ramalan-ramalan yang di tulis di buka tentang kapan datangnya hari kiamat tersebut.
Lantas percayakah kita??


Lalu bagaimana Islam memandang hari kiamat ??

Ilmu yang kita tidak akan sampai untuk mengetahui kapan datangnya hari kiamat, bahkan para Nabi pun tidak ada yang mengetahui kapan datangnya hari kiamat, karena hal itu menjadi suatu rahasia Allah SWT.

Pengertian kiamat

Kiamat diartikan sebagai hari akhir atau juga disebut yaumul qiyamah, yaumul hisab dan lain sebagainya. sedangkan menurut istilah kiamat dapat diartikan sebagai kehancuran alam semesta, dan segala kehidupan yang ada dimuka bumi ini dan kemudian dibangkitkanya orang yang sudah mati lalu dihisab semua perbuatan baik dan buruk, dan hanya Allah lah yang mengetahui kapan datangnya hari kiamat.

Kiamat sendiri telah diterangkan dalam berbagai surat dalam Al quran, antara lain dalam surat Az-zumar ayat 39 :

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَمَن فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَن شَاء اللَّهُ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَى فَإِذَا هُم قِيَامٌ يَنظُرُونَ

Artinya : " Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah SWT. kemudia ditiup sangkakala satu kali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusanya masing-masing)".

Adapun penggolongan hari kiamat yaitu ada 3

1. Kiamat Sugra

Kiamat sugra atau kiamat kecil adalah kematian seseorang, kematian seseorang juga dapat diartikan sebagai kiamat, karena pada saat meninggal maka terputuslah semua amal perbuatan manusia.

2. Kiamat Wustha

Kiamat wustha adalah dimana akiamat yang terjadi karena adanya bencana alam yang melanda muka bumi, seperti gunung melutus, tanah longsor, gempa bumi dan lain sebagainya.

3. Kiamat Kubra

Kiamat kubra atau kiamat besar adalah dimana kiamat terjadi saat sangkakala ditiup oleh malaikat israfil dan akan hancur lebur semua yang ada di alam semesta ini.

Itulah pengertian mengenai kiamat menurut Islam, dan semoga setelah mengetahui apa itu kiamat menurut Islam  akan bisa menambah iman kita kepada Allah SWT.

 Baca juga 8 Tanda Hari Kiamat Yang Jarang orang Ketahui



Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments