August 10, 2018

Pengertian Rukun Iman dan Rukun Islam

Rukun iman dan rukun islam adalah suatu kewajibanyang harus di pelajari kemudian di amalkan khususnya yaitu bagi umat Islam. Rukun iman dan rukun islam sendiri merupakan pilar penting dalam ajaran agama Islam, dan sebagai umat Islam kita wajib mempelajari, mengenal serta mengetahui dalil-dalilnya secara mendalam guna untuk memperkuat keimanan kita kepada Allah SWT.  Dalil yang menjelaskan tentang rukun iman dan rukun islam adalah sebagai berikut.

Dalil rukun iman

Adapun dalil rukun iman secuai yang terkandung dalam Qs Al-Baqarah ayat 177 :

وَلَـكِنَّ الْبِرَّ مَنْ آمَنَ بِاللّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَالْمَلآئِكَةِ وَالْكِتَابِ وَالنَّبِيِّينَ
Artinya :
"Akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah SWT, hari kemudian, malaikat-malaikat Allah, kitab-kitab, nabi-nabi".  

Dalil Rukun Islam 

Dalil rukun Islam sebagaimana yang terkandung dalam haits Abdullah bin Umar ra, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda :

بني الإسلام على خمس شهادة أن لا إله إلا الله وأن محمدا عبده ورسوله وإقام الصلاة وإيتاء الزكاة وحج البيت وصوم رمضان

Artinya : 
"Islam itu dibangun atas lima perkara, yaitu : syahadat bahwasanya tidak ada tuhan yang wajib disembah selain Allah dan bahwasanya Muhammad adalah utusan Allah, menegakan shalat, menunaikan zakat, naik haji, dan puasa ramadhan." (HR Muslaim)

Rukun iman sendiri yaitu ada 6 :

1. Iman kepada Allah

2. Iman kepada Malaikat Allah

3. Iman kepada kitab-kitab Allah
 
4. Iman kepada Rasul-rasul Allah

5. Iman kepada Hari akhir

6. Iman kepada Qadha dan qadar 

Penjelasan tentang rukun iman :

1. Iman kepada Allah

Iman kepada Allah ialah bahwa menyakini sepenuh hati bahwa tiada tuhan selain Allah dan yang telah menciptakan semua mkhluk di bumi dan di langit serta yang maha kuasa atas segalanya. Sebabagaimana firman Allah dalm Quran surat Al-A'raf ayat 54 :

إِنَّ رَبَّكُمُ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ
Artinya :
"Sesungguhnya tuhan kalian yaitu Allah, dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam 6 hari, lalu dia bersemayam di atas 'Arsy."

2. Iman kepada malaikat Allah
Sebagai umat Islam kita harus menyakin adanya makhluk ciptaan Allah yang diciptakan dari cahaya yaitu malaikat yang memiliki tugasnya masing-masing sesuai dengan perintah Allah.

3. Iman kepada kitab-kitab Allah

Selain Al-quran yang menjadi pedoman bagi umat Islam, kita juga harus menyakini dan mengetahui bahwasanya Allah SWT telah menurunkan kitab-kitab lain yang diturunkan kepada Nabi dan Rasulullah seperti zabur, injil dan taurat. Sebagaiman yang diterangkan dalam surat Al-Baqarah ayat 4 :

وَالَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ وَمَا أُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ وَبِالْآخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ
Artinya :
"Dan mereka yang beriman kepada kitab (Al-quran) yang telah diturunkan kepadamu dan kitab-kitab yang diturunkan sebelum mu, serta mereka yakin adanya kehidupan di akhirat."

4. Iman kepada Rasul Allah

Selain Nabi Muhammad yang merupakan nabi terakhir dan nabi yang sangat kita cintai, kita juga wajib beriman kepada nabi-nabi sebelum nabi Muhammad, dan Allah telah mengutus nabi dan rasul yang diberi wahyu oleh Allah dan ditugaskan untuk menyampaikan wahyu kepada umat-umatnya, sebagiaman yang diterangkan dam Qs Al-Ghafir ayat 78 :

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلاً مِّن قَبْلِكَ مِنْهُم مَّن قَصَصْنَا عَلَيْكَ وَمِنْهُم مَّن لَّمْ نَقْصُصْ عَلَيْكَ وَمَا كَانَ لِرَسُولٍ أَنْ يَأْتِيَ بِآيَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ فَإِذَا جَاء أَمْرُ اللَّهِ قُضِيَ بِالْحَقِّ وَخَسِرَ هُنَالِكَ الْمُبْطِلُونَ
Artinya :
"Dan sesungguhnya telah kami utus beberapa Rasul sebelum kamu, dan diantara mereka ada yang kami ceritakan kepadamu dan diantara mereka pula ada yang tidak kami ceritakan kepadamu."

5. Iman kepada Hari Akhir

Menyakini dengan sepenuh hati bahwasanya akan datangnya hari akhir atau kiamat, dan semua yang ada di bumi dan langit akan hancur, dan akan dibangkitkan lagi semua manusia di alam kubur, lalu dikumpulkan di padang masyhar, kemudian dihitung amal baik dan buruknya manusia yang ada di dunia (yaumul hisab).

6. Iman kepada Qadha dan Qadar

Rukun iaman yang terakhir yaitu iman kepada qadha dan qadar, dan kita sebagai umat Islam harus mempercayainya akan adanya qadha dan qadar. Qadha sendiri mempunyai arti ketetapan hukum Allah atau kehendak Allah terhadap segala sesuatu, sedangkan qadar adalah ukuran atau ketentuan Allah terhadap segala sesuatu.

Rukun Islam

Rukun Islam sendiri yaitu ada 5yang wajib kita ketahui dan kita amalkan.

1. Syahadat

2. Shalat

3. Zakat

4. Puasa

5. Haji

Pengertian dari rukun Islam :

1. Syahadat

Yaitu mengucapkan kedua kalimat syahadat, yaitu syahadat Allah dan syahadat Rasul dan untuk menjadikan orang beragama Islam. Adapaun bunyi atau lafadz syahadat adalah sebagai berikut :

أشهد أن لا اله الا الله وأشهد ان محمد رسول الله
Artinya :
"Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan Muhammad adalah utusan Allah."

2. Shalat
Shalat sendiri dalam ajaran agama Islam merupakan patokan keimanan seseorang, jika shalatnya baik maka baik pula semua amalnya, sebaliknya jika shalatnya buruk maka buruk pula semua amalnya. Dan besok pada yaumul qiyamah yang akan ditanyakan oleh Allah yang pertama adalah shalatnya.
Adapaun shalat yang harus dilakukan oleh umat muslim ada 5 yaitu, maghrib, isya, subuh, dzuhur, dan asar.

3. Zakat

Sebagai seorang muslaim kita diwajibkan untuk menunaikan ibadah zakat, dan sebagai pelaksana rukun islam yang ketiga. Dalam Islam sendiri zakat dibagi 2 yaitu zakat Fitrah dan zakat Mal. Adapaun zakat yang diwajibkan dan yang harus dikeluarkan setiap tahunya adalah zakat fitrah, gunanya yaitu untuk membersihkan dosa-dosa yang sudah kita lakukan dalam satu tahun tersebut. Zakat fitrah sendiri adalah zakat yang dikeluarkan pada akhir puasa bulan ramadhanadapun jumlah zakatnya yaitu satu sha' atau setara dengan 2,7 kg beras, ataupun makanan pokok yang lain. Sedangkan zakat mal atau zakat harta adalah jika kita telah mencapai nisab.

4. Puasa

Puasa disini yang dimaksud adalah puasa ramadhan, dan sebagai umat muslim kita wajib melaksanakn puasa ramadhan selama satu bulan penuh dengan syarat dan ketentuan yang telah disyariatkan dalam ajaran Islam.

5. Haji

Ibadah Haji merupakan rukun Islam yang terakhir yang wajib dilakukan oleh umat Islam jika mereka sudah mampu melaksanakanya. Mampu disi maksutnya adalah mampu dalam hal hartanya maupun mampu dala hal fisiknya, dan jika keduanya belum terpenuhi maka belum diwajibkan untuk melaksanakan ibadah haji tersebut. 

Demikianlah artikel mengenai pengertian rukun iman dan rukun islam yang wajib kita ketahui dan kita amalkan, dan semoga setelah mengetahui makna rukun iman dan rukun islam bisa menambah wawasan dan iman kita kepada Allah SWT.







Artikel Terkait


EmoticonEmoticon