Rezeki susah? lakukan  8 amalan rezeki ini, insya Allah rezeki lancar dan berkah

Rezeki susah? lakukan 8 amalan rezeki ini, insya Allah rezeki lancar dan berkah

Sebenarnya rezekisetiap orang itu sudah ditetapkan oleh Allah swt, akan tetapi jika orang tersebut tidak mau berusaha untuk mencarinya maka rezeki tidak akan datang dengan sendirinya, semua harus di iringi dengan ikhtiyar dan berdoa kepada Allah swt, sebagaimana firman Allah dalam Qs Ar ra'du ayat 11 :

إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ

Artinya : "Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, selagi kaum tersebut tidak mau merubah keadaan dirinya sendiri "

Akan tetapi, jika rezeki terasa masih sulit untuk didapatkan mungkin cara atau ikhtiyar kepada Allah  kurang begitu bersungguh-sungguh. Dan jika dalam kondisi ini maka sebaiknya kita intropeksi diri, mungkin penyebab rezeki belum lancar kita lalai untuk beribadah atau mengingat Allah.
Untuk itu amalan rezeki yang akan saya bahas dalam kesempatan kali ini sebaiknya dilakukan secara istiqomah agar rezeki yang kita dapat begitu maksimal.

Adapaun amalan rezeki terzebut adalah :

1. Bertaqwalah kepada Allah

Menjalankan segala perintah Allah serta menjauhi segala larangan nya, dan ketika rezeki tersebut susah maka tingkatkanlah ibadah kita kepada Allah serta diiringi dengan usaha.

2. Memperbanyak Istighfar

Memohon ampunlah kepada Allah, sering kali apa yang kita lakukan kita tidak sadar bahwa hal tersebut merupakan dosa, dan dosa merupakan salah satu penghalang rezeki. Akan lebih baiknya lagi bertaubatlah kepada Allah, dan tidak akan pernah mengulanginya lagi dan senantiasa untuk selalu mengingat Allah dimanapun anda berada.

3. Bangun pagi dan berusah tidak tidur lagi

Sesungguhnya waktu pagi itu merupakan waktu yang banyak berkahnya dan sangat baik untuk kesehatan, tidur di pagi hari akan membuat kita merasa malas untuk menjalani segala aktivitas, dan itu bisa berdampak akan terhambatnya rezeki.

4. Berbakti kepada orang tua

Berbahagilah bagi kita yang masih mempunyai kedua orang tua, karena kita masih banyak kesempatan untuk berbakti kepada mereka. Amalan yang satu ini banyak sekali faedahnya, barang siapa yang ingin panjang umur dan dilabcarkan rezekinya maka hendaklah berbakti kepada orang tua.
Minimal selalu mendoakan kepada orang tua setelah usai melaksanakan shalat fardhu, katrena dengan mendoakan orang tua merupakan salah satu sebab rezeki bisa lancar.

5. Rajin silaturrahmi

Rasulullah SAW bersabda :
"Barang siapa yang ingin dilancarkan rezekinya, dan dilambatkan ajalnya makaa hendaklah mereka menghuibungi sanak saudara"
 Silaturahmi di sini maksutnya menyambung tali persaudaraan yang telah putus agar nyambung lagi.
6. Bersedekah

Amalan yang satu ini akan begitu banyak barokahnya. Dengan sedekah akan dapat mengundang rahmat Allah untuk membuka pintu rezeki, sesuai sabda Rasulullah SAW :

"Maka barang siapa yang banyak mengeluarkan sedekah atau pemberian kepada orang lain, niscaya Allah akan memperbanyak juga baginya, dan barang siapa yang menyedikitkan maka Allah juga akan menyedikitkan pula rezekinya" (HR Daruquthy dari sahabat Anas)

7. Istiqomah shalat duha dan tahajud

Ibadah sunah yang satu ini merupakan salah satu kunci kesuksesan hidup kita. Banyak sekali hadis yang menyebutkan fadilah shalat duha dan tahajud untuk memudahkan rezeki kita, dan dengan amalan yang satu ini bisa menjadi dipercayai dan dihormati orang dan doanya akan selalu dikabulkan oleh Allah SWT.

8. Shalat berjamaah 

Amalan yang terakhir ini adalah selalu mengistiqomahkan shalat berjamaah, semua pasti sudah tahu bahwa pahala shalat jamaah itu sendiri 27 kali dari pada shalat sendirian, disamping pahalanya cukup besar shalat jamaah ternyata juga bisa memperlancar rezeki kita.

Itulah bebrapa amalan untuk memperlancar rezeki, namun semunya itu kembali pada diri manusia itu sendiri apakah mau melakukan atau tidak. Semoga bermanfaat

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments