August 7, 2018

Ternyata Sedekah Tidak Hanya Menambah Rezeki Saja, Tapi Bisa Untuk Kesehatan

Sedekah merupakan salah satu bentuk ibadah atau amalan  yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sedekah tidak hanya dalam bentuk materi saja akan tetapi bisa dalam berbagai bentuk misal, sedekah tenaga, sedekah pikiran, sedekah makanan dan sedekah-sedekah yang lainya. jika semuanya diniati ibadah dan ikhlas hanya mengharap ridho Allah SWT semua bisa dihitung sebagai sedekah. Disamping sedekah bisa mendatangkan rezeki, ternyata sedekah juga bisa untuk kesehatan tubuh mat
SEdekah sendiri selain selain bisa bermanfaat untuk membantu kebutuhan orang yang kelaparan atau membutuhkan, sedekah juga bisa memadamkan kesalahan yang pernah dilakukan. sebagaimana sabda Rasulullah SAW :

"Bersedekahlah kalian, meski hanya dengan sebiji kurma. sedekah dapat memenuhi kebutuhan orang yang kelaparan dan memadamkan kesalahan yang pernah dilakukan, sebagai mana air mampu memadamkan api." (HR Ahmad dan Al Abani)


Atau dalam hadits lain Rasulullah juga bersabda :

"Obatilah sakitmu yaitu dengan bersedekah, bentengilah hartamu dengan zakat, dan bersiaplah menghadapi cobaan dengan berdoa." (HR Baihaqi)

Membantu kesulitan orang lain meskipun sedikit kadarnya  itu sangat membantu bagi orang yang membutuhkan, karena kebutuhan orang tersebut sedikitnya sudah terpenuhi. Disamping itu memberikan sedekah atau bantuan kepada orang yang membutuhkan ternyata juga bisa memberikan sebuah "keajaiban" bagi kesehatan tubuh manusia.

Hal tersebut sesuai study kasus yang pernah dilakukan di universitas psychology of britis columbia yang dilansir oleh Huffingtonpost, para peneliti tersebut berhasil menghubungkan yaitu antara menggunakan orang lain dengan penurunan tekanan darah.

Penemuan tersebut menjadi sebuah bukti real bahwa menghabiskan uang untuk kebutuhan orang lain dapat menyebabkan perbaikan yang sangat signifikan terhadap kesehatan fisik manusia. Peneliti juga menyeimpulkan bahwa apabila penderita darah tinggi kerap melakukan sedekah atau berbagi kebahagian terhadap orang lain yang membutuhkan, maka akan sangat bermanfaat untuk kesehatan jangka panjang dalam bentuk kesehatan.

Bahkan jauh sebelum itu, umat Islam yaitu pada zaman Rasulullah SAW telah memberikan bukti yaitu mengenai keterkaitan antara sedekah dan mengobati sakit yang di derita oleh seseorang. Hal ini sesuai sabda Rasulullah SAW :

"Oabtilah orang yang menderita sakit yaitu dengan bersedekah." (HR Baihaqi)

Demikianlah informasi mengenai sedekah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, ternyata sungguh banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari sedekah itu sendiri. Tidak hanya sebagi bentuk pertolongan kepada sesama manusia yang membutuhkan, akan tetapi bisa berpengaruh bagi kesehatan tubuh untuk para pelakunya.




Artikel Terkait


EmoticonEmoticon