Keutamaan puasa asyura beserta niatnya

Keutamaan puasa asyura beserta niatnya

Keutamaan puasa asyura beserta niatnya- Puasa asyura adalah puasa sunnah yang dilakukan khusus pada bulan muharram saja. Dala, Islam sendiri ada bebrapa bulan yang istemewa, dan salah satunya adalah bulan muharram atau yang biasa disebut asyura. Hal ini sesuai dengan hadist sahih berikut ini :

" Di dalam satu tahun terdapat 12 bulan dan diantaranya terdapat empat bulan yang mulia. Mereka adalah bulan dzulhijah, dzulqa'dah, dan muharam. Adapun bulan rajab ada diantara bulan jumada dan sya'ban". 

Pahala yang di dapatkan dari bulan-bulan tersebut sangatlah besar dan akan dilipat gandakan. Jadi pada bulan-bulan tersebut khususnya umat Islam sangat dianjurkan untuk selalu meningkatkan kebaikan. Namun bukan berati bulan-bulan yang lain tidak baik, semua bulan dalam Islam sebenarnya baik semua akan tetapi pada empat bulan tersebut barang siapa yang melakukan kebaikan atau puasa sunnah maka pahalanya akan dilipat gandakan.

Bulan muharram atau bulan asyura termasuk salah satu diantara empat bulan yang di muliakan oleh Allah. Oleh karena itu ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan oleh umat Islam salah satunya adalah dengan berpuasa pada bulan asyura yang jatuh pada tanggal 10 muharram. Sebagaimana hadist Rasulullah SAW :

"Puasa yang baik setelah puasa ramadhan adalah puasa pada bulan muharram atau ayura"

 Puasa Asyura

Puasa asyura adalah puasa yang dikerjakan pada bulan asyura tepatnya pada tanggal 10 muharram. Adapun hukumnya adalah sunnah muakad (sunnah yang sangat dianjurkan). Rasulullah sendiri selalu mengutamakan puasa ini, bahkan beliau lebih perhatian dari pada puasa sunnah yang lain.

Keutamaan puasa asyura

Puasa asyura sendiri memiliki keutamaan yang sangat luar biasa dan hal ini sudah dijanjikan oleh Allah. Diantaranya adalah sebagi berikut ini :


1. Barang siapa yang mengerjakan puasa asyura pada tanggal 10 muharram akan dijanjikan pahala 10.000 malaikat, dan barang siapa yang mau mengerjakan puasa asyura pada tanggal 10 muharram akan mendapatkan pahala 10.000 orang berhaji dan pahala 10.000 orang umrah dan 10.000 orang yang mati syahid.

2. Menghapus dosa satu tahun sebelumnya. Inilah keutamaan puasa asyura yang paling populer di masyarakat. Dengan berpuasa asyura akan mengahpaus dosa satu tahun sebelumnya sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut ini :

سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ 
Artinya :
"Rasulullah ditanya tentang puasa asyura, dan beliau pun menjawab "dapat menghapus dosa satu tahun sebelumnya". (HR Muslim)

3. Barang siapa yang memberikan puka kepada orang yang berpuasa pada bulan asyura, maka hal seperti itu sama dengan memberikan makan kepada orang Islam seluruh dunia.

Niat puasa asyura

Dalam madzhab imam syafi'i lafal niat puasa asura adalah seperti ini :

نَوَيْتُ صَوْمَ فِيْ يَوْمِ عَاشُوْرَاء سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى
Artinya :
"Saya niat puasa sunnah asyura karena Allah ta'ala"

Adapaun niat puasa asyura sebaiknya dilakukan pada malam sebelum terbit fajar. Akan tetapi karena puasa syura adalah puasa sunnah maka ketika lupa maka niatanya boleh dilakukan pada pagi hari sebelum masuk waktu dzuhur asalkan belum makan apa0apa dan belum melakukan hal yang bisa membatalkan puasa.

Subhanallah ternyata manfaatnya besar sekali bagi orang yang mau mengerjakan puasa pada bulan muharram atau asyura. Akan tetapi ketika melakukan puasa harus di landasi dengan hati yang ikhlas dan mampu menahan hawa nafsu tidak hanya menahab lapar dan haus saja serta di niati dengan sungguh-sungguh. Insya allah jika semuanya dilakukan maka akan mendapatykan manfaat puasa astura pada tanggal 10muharram ini.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments