Pengertian Adab Dalam Pandangan Islam

Pengertian Adab Dalam Pandangan Islam

Adab dalam bahsa artinya budi pekerti, sopan santun atau tata krama. Sedangkan menurut istilah adab yaitu  segala bentuk prilaku atau sikap dan tata cara hidup yang mencerminkan nilai penegrtahuan yang daoat menjaga diri dari sifat yang salah atau tercela. Orang yang beradab yaitu orang yang menjalani hidupnya dengan aturan dan tata cara yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Tidak ada bagaian dari aktivitas kehidupan manusia yang terlepas dari tata cara (adab) yang diikutinya.
 Disamping itu ada pula yang menjelaskan bahwa pengertian adab itu sendiri adalah menghiasi diri dengan hiasan orang-orang yang memiliki keutamaan. Menurut pendapat lain mengatakan arti adab adalah tidak bermaksiat kepada Allah dan tidak merusak harga diri dirinya sendiri, ada pula yang mengatakan bahwa adab adalah bertaqwa kepada Allah SWT serta menjauhi larangnya, berati bahwa orang yang bertakwa kepada Allah adalah orang-orang yang mempunyai adab.

Ulama salaf sendiri menyuruh kepada orang yang menunuutut ilmu untuk mempelajari adab terlebih dahulu sebelum mempelajari ilmu. Mereka pun menyuruh kepada murid-muridnya untuk mempelajari adab sebelum menggeluti berbagai bidang ilmu. Imam malik rahimahullah pernah berkata kepada seorang pemuda Quraisy.

تعلم الأدب قبل أن تتعلم العلم
Artinya :
"Pelajarilah adab sebelum mempelajari ilmu"

Kenapa para ulama sampai mendahulukan untuk belajar adab? 

Sebagai mana Yusuf Al husain berkata :

بالأدب تفهم العلم
Artinya :
"Dengan mempelajari adab, maka kamu akan mudah mempelajari ilmu"

Dengan memperhatikan atau mempelajari adab maka akan mudah ilmu untuk meraih ilmu, sedikit dalam mempelajari adab maka ilmu akan sulit untuk dipelajari. Maka sangat penting sekali bagi orang yang mau belajar ilmu harus terlebih dahulu belajar adab terlebih dahulu. Orang yang berilmu akan tetapi tidak punya adab maka ilmunya sia-sia dan tidak akan dihormati oleh orang lain.

Adab dan ilmu tidak bisa dipisahkan. Berilmu dengan tanpa adab adalah kemurkaan Allah SWT, sementara beradab tanpa mempunyai ilmu merupakan sesuatu kesesatan. Adab adalah salah satu jalan akan bermanfaatnya ilmu yang dipelajari.

Bahkan Rasulullah sendiri diutus ke muka bumi yang pertama kali yaitu untuk menyempurnakan akhlak atau adab. Karena pada zaman sebelum Rasulullah atau zaman jahiliyah manusia tidak mempunyai adab.

Dari penjelasan maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian adab adalah ialah mencerminkan baik atau buruknya seseorang itu, mulia atau hinanya, tercela atau terhormatnya seseorang. Maka jelaslah jika ingin terhormat atau mulia di sisi Allah SWT manusia harus memiliki adab dan budi pekerti yang baik.

Demikianlah seklumit mengenai pengertian adab dalam pandangn islam. Semoga bisa menambah wawasan bagi kita semua dan bisa bermanfaat.



Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments