September 7, 2018

Pengertian ilmu tajwid dan pentingnya untuk mempelajari

Pengertian ilmu tajwid dan pentingnya untuk mempelajari- Tajwid menurut bahasa berasal dari kata "jawada-yujawidu-tajwidan" yang artinya adalah memperelok kan atau membaguskan. Sedangkan dalam kitab hidayatul mustafid ilmu tajwid adalah segala sesuatu yang bisa mendatangkan kebajikan. Sedangkan menurut istilah adalah mngeluarkan setiap huruf dari tempat keluarnya (makhrojnya) dengan memberi hak dan mustahaknya sedangkan menurut keterangan lain membaguskan bacaan Al-quran sesuai dengan kaidah ilmu tajwid yang berlaku.

Secara garis besar tajwid adalah ilmu yang mempelajari atau membahas tata cara membaca Al-quran yang baik dan yang benar.

Diantara yang kemudian dibahas atau ditulis dalam ilmu tajwid tersebut antara lain hubungan antar huruf, tempat keluar huruf, tentang panjang dan pendeknya suatu bacaan dan bagaimana memulai dan menghentikan bacaan.

Inilah yang dimaksud dengan membaca Al-quran dengan tartil sebagaiman firman Allah :

وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلا
Artinya :
"dan bacalah Al-quran dengan tartil"  (Qs. Al-Muzamil ayat : 4)

Arti tartil menurut tafsir Ibu Katsir adalah membaca dengan perlahan-lahan dan hati-hati karena hal itu bisa membantu pemahaman serta perenungan terhadap Al-quran.

Ilmu tajwid sendiri beryujuan untuk memberikan tuntunan bagaimana cara membaca ayat yang benar, sehingga maknanya tetap terpelihara.

Hukum mempelajari ilmu tajwid

Belajar ilmu tajwid itu hukumnya "fardhu kifayah". Jika sudah ada yang mempelajari teori ilmu yang ada pada ilmu tajwid maka kewajiban itu gugur bagi yang lainya. Akan tetapi lebih baiknya jika setiap umat Islam untuk belajar ilmu tajwid. Adaoaun mempraktekan ilmu tajwid dalam membaca Al-quran maka hukumnya "fardhu ain", yaitu kewajiban bagi setiap umat Islam.
Hal ini sesuai dengan firman Allah :

وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلا
Artinya :
"dan bacalah Al-quran dengan tartil" (Qs. Al-Muzamil ayat : 4)

Bahkan bacaan Al-quran kita akan menentukan sah atau tidaknya shalat kita, karena dalam shalat sendiri ada rukun shalat yang berkenaan dengan bacaan yang harus baik dan benar sehingga tidak merubah maknanya. Diantaranya adalah ketika membaca surta Al fatihah, bacaab tahyat akhir serta bacaan sholawat nabi ketika dalam shalat.

Ternyata begitu pentingnya mempelajari dan mempraktekan ilmu tajwid ketika membaca Al-quran, karena dengan ilmu tajwid kita bisa mengetahui berbagai macam bacaan, kapan memulai membaca, kapan berhenti dan lain sebagainya. Dan shalat kita menjadi sah sah satunya adalah dengan cara mengetahui ilmu tajwid agar bacaan dan maknanya tidak berubah.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon