September 15, 2018

Pengertian Sumber Hukum Islam Menurut Jumhur Ulama

Pengertian sumber hukum Islam- Sebelum mengetahui tentang sumber-sumber hukum Islam, hendaknya kita harus mengetahui dulu arti Pengertian sumber hukum Islam. Apa sebenarnya definisi tentang sumber hukum Islam itu ? Sumber hukum Islam adalah segala sesuatu yang melahirkan atau menimbulkan aturan-aturan yang mempunyai kekuatan yang sifatnya mengikat. Yaitu peraturan yang apabila dilanggar akan menimbulkan sanksi bagi para pelakunya. 

Pengertian sumber hukum Islam adalah adalah segala sesuatu yang yang dijadikan sebagai pedoman atau yang menjadi syariat Islam. Sumber hukum Islam adalah penetapan dari Allah SWT, dan dibebannkan kepada orang mukallaf .

Sebagian besar ulama fiqih bersepakat bahwa sumber hukum Islam yang utama adalah Al quran dan Hadist dengan tambahan sumber hukum Islam yang lainya dansudah di sepakati oleh ulama, yaitu Ima' dan Qiyas. Akan tetapi masih ada beberapa sumber Islam yang lainya antara lain yaitu : istishab, istislah, maslahah mursalah, ray'yu dan 'urf.


Adapaun penjelasan mengenai sumber hukum Islam adalah sebgai berikut :

1. Al Quran

Al Quran adalah wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAw melalui perantara malaikat jibril baik itu secara langsung maupun lewat perantara. Al  Quran sendiri dijadikan sebagai sumber hukum Islam yang utama dari semua ajaran dan sy'riat Ialam.

2. Al Hadist

Al Hadist atau sunnah adalah segala ucapan, perbuatan, dan perkataan Nabi Muhammad SAW tentang segala hal yang merupakan hukum Allah juga. Hadist sendiri merupakan penjelasan dari isi Al quran yang masih bermakna umum atau suatu masalah baru yang belum ada dalm Al quran.Pada dasarnya fungsi sunnah terhadap Al quran sebagai penganut hukum yang ada dalam Al quran.

3. Ijma

Ijma adalah suatu kesepakatan setelah masa rasulullah dari para mujtahid yang hubunganya tentang syariat atau masalah hukum Islam. penjelasan lain Ijma adalah kesepakatan pendapat diantara mujtahid, atau perseyujuan pendapat diantara ulama fiqih dari abad tertnetu mengenai masalah hukum. Ijtihad sendiri memcurahkan segala kemampuan seseorang dalam mendapatkan hukum syara dengan cara istinbath dari Al quran dan Hadist. Para mujtahid ini mulai bermunculan pada zaman sahabat Nabi.

4. Qiyas

Qiyas adalah menyamakan suatu peristiwa yang tidak ada hukumnya dalam nash kepada kejadian yang lain yang hukumnya dalam nash karena adanya kesamaan dalam dua kejadian dalam illat hukumnya. Arti qiyas itu sendiri menurut bahasa adalah ukuran atau timbangan. Menurut istilah ulama ushul fiqih mencari sebanyak mungkin persamaan-persamaan antara dua peristiwa dengan mengunakan cara dedukasi, yaitu menciptakan atau menarik suatu garis hukum yang baru dari garis hukum yang lama.

Dengan demikian sekarang kita sudah mengenal Pengertian sumber hukum Islam beserta pengertian masing-masing dari setiap sumber hukum. Dan dengan sumber hukum Islam kita bisa mengetahui segala perbuatan yang kita kerjakan itu salah atau benar. Semoga bermanfaat

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon