Wanita wajib tau!!! bagaimanakah Hukum memakai pensil alis menurut Islam?

Wanita wajib tau!!! bagaimanakah Hukum memakai pensil alis menurut Islam?

Hukum memakai pensil alis- Mempercantik wajah dengan memakai pensil alis merupakan suatu hal yang wajar bagi wanita pada zaman sekarang. Sebagian besar wanita tidak merasa percaya diri ketika tidak memakai pensil alis, Namun pertanyaanya apakah dalam Islam diperbolehkan untuk memakai pensil alis? Ayo coba kita cari tahu dalam uraian berikut ini :

Rasulullah SAW bersabda :
"Allah akan melaknat orang yang membuat tato dan orang yang dibuatkan (tato), yang mencukur alis dan yang memibta dicukurkan". (HR Muslim)


Dari hadist diatas dapat disimpulkan bahwasanya yang dilarang adalah orang yang membuat tato atau orang yang meminta dibuatkan, orang yang mencukur alis dan orang yang meminta dicukur. Sedangkan untuk memkai pensil alis masih diperbolehkan selama tidak sampai mencukur atau mentatao sebagaimana yang dilarang dalam hadist diatas.

Sayangnya pada zaman sekarang ini banyak wanita yang mencukur alis dan kemudian di gantoi dengan pensil alis. Bebagai cara dilakukan oleh wanita untuk mempercantik wajahnya, mulai dari mengerik alis, mencukur alis dan kemudian melakukan teknik sulam alis yang pada akhir-akhir ini merupakan trand-trand bagi kaum wanita.

Hati-hatilah bagi kaum wanita !!! Karena hal ini merupakan salah satu bentuk tabarruj (berhias yang dilarang) yang banyak dilakukan oleh wanita zaman jahiliyah. Bahkan mengerik alis atau mencukur da  kemudian melukisnya adalah salah satu bentuk tabarruj (berhias yang dilarang) dan tidak disukai oleh Allah SWT dan hal ini sangatlah dilarang oleh Rasulullah SAW sesuai dengan hadist yang sudah di jelaskan diatas tadi.

Dengan melakukan tindakan mecukur alis merupakan salah satu hal yang tidak mensyukuri nikmat, dan merubah ciptaan yang telah diberikan oleh Allah kepada manusia, oleh sebab itu wanita harus menjaga dirinya dari prilaku yang dilarang oleh Allah dan Rasulnya. Dan salah satu misi terbesar iblis adalah untuk menyesatkan manusia dan untuk mengubah ciptaan Allah SWT.

وَلَآمُرَنَّهُمْ فَلَيُغَيِّرُنَّ خَلْقَ اللَّهِ
Artinya :
"Sungguh Aku (iblis) akan perintahlan kepada manusia untuk merubah ciptaanya" (Qs An-Nisa : 119)

Dan sejatinya Allah Allah menumbuhkan rambut bulu yang ada pada manusia ada slah satu yang di larang untuk dicukur atau dihilangkan dan ada juga yang diperintahkan untuk dipelihara atau bahkan dibiarkan saja. Seorang mukmin sendiri dituntut untuk selalu itiba' (meniru apa yang dilakukan rasulullah), karena dengan kita itiba' dengan rasul tindakan yang kita lakukan dalam sehari-hari akan bernilai ibadah dan akan mendapatkan ampunan dan kecintaan dari Allah SWT.

Kodrat seorang wanita ialah ingin selalu berpenampilan cantik, akan tetapi berpenampilan cantik seorang wanita harus sesuai denggan sayariat agama Islam. Dimana kecantikan seorang wanita merupakn hak dari seorang suami, dan hanya boleh dilihat oleh orang yang menjadi mahramnya. Seorang wanita yang baik adalh wanita yang selalu menjaga kehormantanyadan menjaga hak-hak suami, dan ketika suami melarang maka wanita harus patuh terhadap suami.

Salah satu hal yang sangat penting yaitu jangan sampai keinginan kita untuk mempercantik malah menjadi menjadi bomerang bagi diri kita dan membuat kita dikategorikan mengubah ciptaan Allah. Dan Allah jelas akan melaknat orang yang berbuat seperi ini.


Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments