11 Amalan Harian yang Bisa Menjauhkan Dari Kemiskinan

11 Amalan Harian yang Bisa Menjauhkan Dari Kemiskinan

Terhindar dari sebuah kemiskinan merupakan keinginan setiap orang. Rezeki setiap masing-masing orang sebenarnya sudah ditentukan oleh Allah bahkan sejak manusia belum dilahirkan. Adapun tugas manusia sendiri adalah berikhtiar seraya berdoa kepada Allah untuk meraih rizkinya.

Kemiskinan bisa mendekatkan pada kekufuran, sehingga sudah saatnya berusaha dan berdoa agar senantiasa bisa hidup berkecukupan. Fenomena kemiskinan sendiri banyak ditemukan disekitar lingkungan kita. Mereka dikatakan miskin apabila tidak bisa memenuhi kebutuhan primer secara keseluruhan. Adapun yang tergolong kebutuhan primer sendiri adalah sandang, pangan dan papan.


Lantas untuk bisa menjauhkan dari kemiskinan pasti ada jalan yang harus dilalui yaitu berikhtiar semaksimal mungkin seraya berdoa kepada Allah dengan sungguh-sungguh. Disamping itu anda juga bisa melakukan amalan-amalan agar terhindar dari jurang kemiskinan. Adapun 11 amalan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Menjaga shalat Fardhu

Shalat merupakan ibadah yang sangat penting bagi manusia. Barang siapa yang shalatnya tidak pernah ketinggalan insya allah rezeki akan diperlancar oleh Allah. Syukur-syukur shalat tersebut dilakukan dengan cara berjama'ah.

2. Membaca surat Al waqiah setelah subuh

Dengan melakukan amlan membaca surat Al waqiah setelah subuh insya allah rezeki akan datang secara tidak terduga. Manfaat dari membaca surat Al waqiah sendiri sangat banyak, dan salah satunya bisa mendatangkan rezeki yang orang tidak akan menduga dan menjegah kemiskinan.

3. Bersedekah di awal hari

Sedekah merupakan amalan yang sangat luar biasa yang kaitanya tentang rezeki. Disamping berkaitan dengan Allah sedekah dengan sedekah juga bisa meringankan beban orang yang kurang mampu atau yang diberi sedekah. Dengan melakukan sedekah di awal hari insya Allah bisa mendatangkan rezeki.

4. Shalat duha di pagi hari

Siapa yang tak kenal akan manfaat shalat duha? sebagian besar orang pasti tahu akan manfaat yang sangat luar biasa ketika mau mengerjakan ibadah sunnah yang satu ini. Adapaun manfaatnya juga bisa mendatangkan rezeki dari segala arah, yang tak terduga oleh manusia.

5. Shalat sunnah rawatib diwaktunya

Shalat sunnah rawatib adalah shalat sunnah yang mengiringi shalat fardhu, atau biasa disebut dengan shalat sunnah qabliyah dan shalat sunnah ba'diyah. Barang siapa yang mengistiqamahkan shalat sunnah rawatib insya allah rezeki akan lancar dan akan terhindar dari kemiskinan.

6. Ikhtiyar yang diniatkan ibadah

Setiap ibadah tergantung niatnya. Dengan berikhtiar diniatkan untuk ibadah kepada Allah semata dan tidak diniatkan untuk mendapatkan pujian dari orang lain, maka insya Allah rezeki akan berkecukupan.

7. Tidak menyakiti orang lain

Salah satu hal yang bisa mencegah kemiskinan adalah dosa yang dilakukan manusia baik itu kepada Allah dan juga dosa kepada manusia. Ketika anda dengan sengaja maupun tidak sengaja menyakiti orang lain maka hendaknya langsung meminta maaf kepada orang yang diskakiti agar tidak menghambat datangnya rezeki.

8. Memaafkan mereka yang menyakiti kita

Hal selanjutnya agar terhindar dari kemiskinan adalah dengan memaafkan orang yang telah menyakiti kita. Dengan memaafkan orang yang menyakiti kita berati kita mempunyai hati yang lapang dada, dan hal yang demikian disenangi allah. Dan kalau Allah sudah senang dengan kita maka rezeki akan dilancarkan.

9. Shalat taubat sebelum terlelap

Manusia adalah tempatnya dosa, bahkan setiap hari tidak luput akan dosa. Dengan melakukan shalat taubat sebelum tidur insyaallah, Allah akan mengampuni dosa kita dan rezekipun akan didatangkan oleh Allah.

10. Qiyamul lail

Amalan selanjutnya yang bisa menjauhkan dari kemiskinan adalah qiyamul lail. manfaat qiyamul lail sendiri sangat besar, dan barang siapa yang mengistiqamahkan qiyamul lail insya allah rezeki akan dimudahkan.

11. Memperbanyak istighfar

manfaat Istighfar sendiri selain bisa menghapus dosa juga bisa menjauhkan dari kemiskinan.

Jika sebelas amalan yang sudah disebutkan diatas tadi dilakukan setiap hari secara istiqamah insyaallah kemiskinan akan menjauh dari kita. Hal ini sudah banyak yang membuktikan.

Demikianlah mengenai beberapa amalan harian  yang bisa menjauhkan dari kemiskinan dan semoga bermanfaat.


Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments