October 23, 2018

4 Amalan Dzikir Sunnah yang Patut di Lakukan Setelah Sholat Jumat

Setiap kaum muslim atau laki-laki setiap hari jumat diwajibkan untuk melakukan shalat jumat sebagi pengganti shalat dzuhur. Shalat jumat memiliki tata cara tersendiri yang mana sangat berbeda dengan tata cara yang ada pada shalat fardhu lainya, adapaun hal yang membedakan lainya yaitu adanya khutbah yang di lakukan pada sholat jumat tersebut. Rakaat shalat jumat sendiri terdiri dari 2 rakaat dengan satu kali salam.
Bicara mengenai amlan-amalan yang yang dilakukan setelah shalat jumat, terdapat beberapa amalan-amalan khusus yang perlu dilakukan setelah shalat jumat.

Dimana apabila amalan-amalan ini dilakukan pastinya akan mendapat balasan dari Allah Swt kelak di akhirat nanti. Kebiasaan di kampung-kampung atau kota pasti ada amalan khusus yang selalu di baca setelah shalat jumat. Adapaun amalan-amalan tersebut adalah sebagi berikut :

1. Membaca surat Al Fatikhah 7 x

2. membaca surat Al Falaq 7 x

3. Membaca surat An Nas 7 x

4. Membaca syi'ir Abu Nawas

Hal ini sesuai dengan hadist Nabi Muhammada SAW yang berbunyi :


عن عائشة رضي الله عنها ، قالت : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : " من قرأ بعد صلاة الجمعة : قل هو الله أحد ، وقل أعوذ برب الفلق ،وقل أعوذ برب الناس ، سبع مرات ، أعاذه الله عز وجل بها من السوء إلى الجمعة الأخرى
Artinya :
Dari Aisyah radhiyallahu anha berkata, Rasulullah saw bersabda : "Barang siapa yang membaca (setelah jumat) Al Fatikhah, An-nas, dan Al falaq sebanyak 7 kali, maka Allah akan menghindarkan keburukan dan kejahatan sampai jumat berikutnya."

Sementara itu mengenai syi'ir Abu Nawas adalah terdapat dalam kitab Bughyah Al Murtasyidin.
Adapaun bunyi syi'ir Abu Nawas adalah sebagi berikut 


إِلَهِي لَسْتُ لِلْفِرْدَوْسِ أَهْلاً # وَلاَ أَقْوَى عَلىَ نَارِ الْجَحِيْمِ

فَهَبْ ليِ تَوْبَةً وَاغْفِرْ ذُنُوْبيِ # فَإِنَّكَ غَافِرُ الذَّنْبِ الْعَظِيْمِ

Dari keterangan lain juga disebutkan barang siapa yang membaca amalan-amalan setelah jumat yaitu Al Fatikhah, An-nas, dan Al falaq sebanyak 7 kali, maka Allah akan mengampuni dosa yang telah berlalu dan dosa yang akan datang.

Catatan 

Amalan-amalan yang telah disebutkan diatas tadi dilakukan dengan cara tidak merubah tempat duduk setelah salam (masih dalam keadaan duduk tahyat akhir). keterangan ini sesuai dengan perkataan ulama-ulama salaf dan juga terdapat dalam kitab al-Adzkar.

Selain amalan-amalan diatas juga dianjurkan untuk memperbanyak membaca shalawat, karena shalawat sendiri banyak sekali keutamaanya lebih-lebih apabila dibaca ketika pada hari jumat. 

Itulah beberapa amalan yang bisa anda lakukan setelah selesai sholat jumat. Semoga dengan penjelasan yang telah dipaparkan diatas bisa menambah wawasan bagi kita semua, dan bisa meningkatkan ibadah kepada Allah swt.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon