October 19, 2018

Bacaan istighfar serta kedahsyatanya bagi yang mau mengamalkan

Bacaan istighfar serta kedahsyatanya - Bacaan istighfar atau biasa yang disebut dengan sayidul istighfar merupakan bacaan yang biasa dibaca oleh umat Islam setiap harinya, dan biasa dibaca setelah shalat fardhu. Adapun maksud dan tujuan membaca istighfar sendiri adalah untuk meminta atau memohon ampunan kepada Allah Swt atas semua dosa yang pernah kita perbuat baik itu dosa kecil atau besar, baik dosa itu disengaja atau tidak disenagja.

Kita sebagai umat Islam sangat dianjurkan untuk membaca dan mengamalkan istighfar dan alangkah baiknya lagi jika dalam pembacaan istighfar tersebut dilakukan setelah shalat fardu dan setelah shalat sunnah seperti shalat tahajud, shalat tarawih dan shalat sunnah yang lainya. Membaca atau mengamalkan istighfar sendiri juga sudah dijelaskan dalam berbagai ayat Al quran salah satunya adalah dalam surat Al Ahzab 41-42 yang berbunyi : "Hai orang-orang yang beriman berdzikirlah dengan menyebut nama Allah, dan berdzikirlah sebanyak-banyaknya, dan bertasbihlah kepada Allah di waktu petang dan pagi."


Sebagai manusia yang tak luput dari dosa, sudah sebaiknya untuk mewajibkan untuk membaca istighfar atau yang biasa disebut dengan sayidul istighfar minimal setelah selesai melaksanakan shalat fardhu, disamping itu jika kita mau mengamalkan istighfar Allah akan mengampuni dosa-dosa yang telah diperbuat oleh kita. Bahkan Nabi Muhammad Saw sendiri yang merupakan sebaik-baik manusia juga selalu memohon ampunan kepada Allah dengan cara salah satunya membaca istighfar.

Adapaun utuk bacaan istighfar sendiri ada yang panjang juga ada yang pendek, adapaun diantara bacaan ostighfar adalah sebagi berikut :

Bacaan istighfar teks arab
  •     استغفر الله العظيم
  •     استغفر الله العظيم واتوب اليه
  •     استغفر الله العظيم الذي لااله إلا هو القيوم واتوب إليه
  •     استغفر الله العظيم لي ولوالدي ولجميع المسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات الأحياء منهم والأموات
Bacaan istighfar teks latin
  • Astaghfirullaahhal'Adzim 
  • Astaghfirullaahhal'Adzim Wa atubu ilaih
  • Astaghfirullaahhal'Adzim aladzi lailaha illa huwal qayumu wa atuubu ilaihi
  • Astaghfirullaahhal'Adzim lii wa liwalidaya walii jamiil muslimina wal muslimat wal mu'minina wal mu'minat Al ahya'i minhum wal amwati.
 Keutamaan membaca istighfar

Banyak sekali manfaat dan keutamaan bagi orang yang mau membaca dan mengamalkan istghfar, manfaatnya sendiri adalah akan mendapatkan pahala yang mat besar sekali karena istighfar sendiri sudah diperintahkan oleh Allah dalam Al quran, adapaun manfaat selanjutnya adalah barang siapa yang mau mengamlkan istighfar maka ia kan diampuni segala dosa-dosanya baik itu dosa kecil atau dosa besar, sengaja atau tidak disengaja dosa tersebut dilakukan.

Lalu berapa banyak istighfar yang harus dibaca? Anda bisa membaca istighfar dengan sebanyak-banyaknya, namun akan lebih baiknya jika dilakukan dengan bilangan ganjil seperti 3 kali, 5 kali dan seterusnya tidak ada batasan untuk membaca istighfar. Namun Nabi Muhammad sendiri dalam hadistnya berkata : "Sungguh aku selalu bertaubat dan beristighfar kepada Allah swt dalam sehari sebanyak 70 kali." (HR Bukhari).

Itulah bacaan istughfar yang perlu anda ketahui dan anda amalkan, ternyata banyak sekali manfaat bagi siapa saja yang mau mengamalkan bacaan istighfar ini.

 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon