October 26, 2018

Doa shalat hajat lengkap beserta tata cara, niat dan manfaatnya

Tata cara shalat hajat lengkap beserta doanya - Shalat hajat sendiri adalah shalat sunnah yang dilakukan oleh seseorang yang mempunyai hajat atau keinginan tertentu agar supaya hajat tersebut bisa dikabulkan oleh Allah SWT. Adapun hajat tersebut ada kalanya yang langsung kaitanya dengan manusia ada pula yang kaitanya dengan manusia, atau yang biasa disebut dengan hablum minallah dan hablum minannas.

Shalat hajat sendiri biasanya dilakukan untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT, ingin mempunyai jodoh, ingin sukses dalam karir, dan masih banyak yang lain. Tata cara shalat hajat sendiri tergolong mudah karena bisa dikerjakan pada waktu kapanpun, baik siang ataupun malam.


Berbicara mengenai hajat pasti orang dalam menjalankan hidupnya akan memiliki keinginan dan kebutuhan, bahakan keinginan tersebut selalu ada dan tidak ada batasnya. Dari mulai hajat pribadi atau bahkan hajat umum.

Untuk mencapai keinginan dan cita-cita tidaklah mudah untuk menggapainya, pasti ada yang namanya cobaan dan rintangan yang harus dilalui. Dan dengan shalat hajat ini kita berharap kepada Allah guna untuk mempermudah segala apa yang kita inginkan. Namun mengenai dikabukanya doa orang tersebut tidak ada yang tau, manusia tugasnya hanyalah ikhtiyar dan berdoa saja.

Dasar melakukan shalat hajat

Sebagaimana hadist Nabi muhammad saw dalam kitab shahih bukhari dari Abu darda' radiallahu anhu Nabi bersabda :

"Barang siapa berwudhu kemudian menyempurnakanya, dengan mengerjakan shalat dua rakaat dengan sempurna maka Allah SWT akan memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat. (HR Ahmad)

Waktu shalat hajat

Waktu mengerjakan shalat hajat sendiri bisa dilakukan pada waktu malam hari ataupun siang hari, asalkan dalam pengerjaanya tidak dilakukan pada waktu terlarang. Akan tetapi lebih utamanya melakukan shalat hajat adalah pada waktu malam hari atau sepertiga malam, karena pada waktu tersebut merupakan salah satu waktu yang ijabah untuk berdoa.

Jumlah rakaat shalat hajat

Jumlah rakaat shalat hajat sendiri paling sedikit adalah dua rakaat dan paling banyak adalah dua belas rakaat.

Tata cara mengerjakan shalat hajat

Tata cara shalat hajat sama halnya seperti shalat sunnah yang lainya, yang membedakan hanyalah dalam niatnya saja. Adapaun niatanya adalah :

 أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى
 Usalli sunnatal hajati rak'ataini lilahita'ala

Artinya :"Aku berniat shalat sunnah hajat dua rakaat karena Allah ta'ala"

1. Niat
2. Membaca surat Al fatikhah
3. Membaca salah satu atyat al quran, lebih utamanya rakaat pertama membaca surat Al kafirun 10 kali dan rakaat kedua membaca surat Al ikhlas 11 kali.
4. Ruku' kemudian membaca tasbih 3 kali
5. I'tidal dengan membaca bacaan seperti shalat yang lain
6. Sujud dengan membaca tasbih 3 kali
7. Duduk diantara dua sujud dengan membaca bacaan seperti shalat yang lain
8. Sujud dengan membaca tasbih 3 kali
9. Setelah selesai rakaat yang pertama kemudia lakukan rakaat ledua seperti halanya rakaat pertama, kemudian membaca tahyat akhir dan diakhiri dengan kedua salam.

Setelah selesai salam kemudian sujud syukur satu kali sambil membaca :

1. Tsubhanallah wal hamdulilah wala ilaha ilallahu walllahu akbar 10 kali
2. Shalawat 10 kali
3. Istighfar 100 kali
4. Setelah itu berdoa sesuai apa yang kamu bisa

Doa setelah shalat hajat

 لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ .اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْعِصْمَةَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ وَّالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَّالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لَاتَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
Artinya : 
"Tidak ada tuhan selain Allah yang maha lembut lagi penyantun. Maha suci Allah Tuhan pemelihara Arsy yang maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Kepadamulah akau memohon suatu yang mewajibkan rahmatmu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunanmu, dan memperoleh keutungan tiap-tiap dosa. Janganlah engkau biarkan dosa dari pada diriku, melainkan engkau ampuni dan tidak ada suatu kepentingan, melainkan engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaanmu, melainkan engkau kabulkan. Wahai tuhan yang paling pengasih lagi penyayang."

Keutamaan yang diperoleh dari shalat hajat
  • Akan mendapat pahala dari Allah SWT
  • Akan mendapatkan ketenangan dan ketentraman jiwa setelah menyampaikan segala kebutuhan dan keinginan kepada Allah SWT
  • Harapan akan dikabulkan hajatnya
  • Usaha untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT
Sebaiknya dalam mengerjakan shalat hajat ini tidak dilakukan hanya satu kali saja atau hanya dilakukan ketika ada hajat saja. Akan tetapi sebaiknya dilakukan secara terus-menerus atau istiqamah, karena kitapun dalam menjalani kehidupan tidak henti-hentinya Allah memberikan kenikmatan yang begitu banyak kepada kita.

Itulah penjelasan mengenai tata cara shalat hajat, doa, dan manfaatnya. Ternyata begitu besar akan manfaat yang bisa kita dapat dari shalat hajat tersebut.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon